MEDIABORNEO.NET, BERAU – Sedikitnya 197 Kepala Keluarga (KK) atau 778 jiwa yang berasal dari 2 RT di Kecamatan Segah, Kabupaten Berau terdampak banjir sejak pukul 06.30 Wita, Kamis (16/12/2021).

Musibah banjir terjadi karena meluapnya Sungai Segah setelah diguyur hujan sejak beberapa hari terakhir ini. Akibatnya, aktivitas masyarakat di 2 RT tersebut lumpuh, bahkan banyak masyarakat mengungsi ke tempat yang aman. Ketinggian air dari permukaan tanah mencapai 2,5 meter sampai 3 meter.

Berdasarkan data yang diterima mediaborneo.net, daerah yang terdampak banjir paling parah terjadi di Kelurahan Punan Malinau, Kabupaten Berau. Pasalnya, wilayah tersebut berada di tepi sungai Kampung Siduung Indah.

Data rincian pemukiman masyarakat yang terdampak banjir di Kelurahan Punan Malinau yakni :

1. RT 3 sebanyak 36 KK atau 141 jiwa.
2. RT 4 sebanyak 45 KK atau 175 jiwa.

Total keseluruhan terdapat 196 KK atau 772.

“Kemungkinan air masih naik, menunggu air besar dari hulu,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan Melkianus Kotta.

Dikatakannya, saat ini pihaknya telah menuju ke lokasi banjir untuk membantu melakukan evakuasi terhadap masyarakat setempat.

“Tim kami saat ini telah menuju ke lokasi, estimasi sampai di lokasi sekitar pukul 12.40 Wita. Tetapi di lokasi sendiri sudah ada Unit Siaga SAR Berau dan BPBD Berau,” tutupnya.

Penulis : Koko
Editor   : M Jay

Don`t copy text!