MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Desa Embalut, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki dua sektor unggulan, yaitu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan budidaya ikan.

Pemerintah Desa (Pemdes) Embalut terus berupaya memajukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di desanya.

Kepala Desa Embalut Yahya mengatakan, warga desanya sebagian besar berprofesi sebagai pembudidaya ikan. Hasil ikan mereka tidak hanya dijual segar, tetapi juga diolah menjadi kerupuk ikan dan cemilan tulang ikan yang bergizi. Bahkan, ikan produksi warga Desa Embalut sudah menembus pasar di Ibukota Negara (IKN).

“Alhamdulillah ikan produksi warga kami sudah sampai ke IKN,” ujarnya saat ditemui wartawan, Sabtu (4/11/2023).

Dia juga berencana menjadikan Desa Embalut sebagai lumbung pakan ikan. Caranya, dengan memanfaatkan BUMDes untuk menyediakan pakan ikan bagi petani ikan di desanya.

“Kita juga akan jajaki Desa Embalut sebagai lumbung pakan. Artinya, petani ikan mengambil pakan dari BUMDes,” ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya juga akan mengurus legalitas usaha bagi pelaku UMKM di Desa Embalut. Salah satunya adalah usaha BUMDes yang membuat Pertamina Desa yang selama ini terkendala Izin Membangun Usaha (IMB).

“Ke depan, para pelaku usaha akan memiliki izin usaha,” tegasnya.

Dukungan dan bantuan bagi pembudidaya ikan di Desa Embalut juga datang dari anggota DPRD Kukar dan Dinas Perikanan dan Kelautan Kukar.

“Harapan untuk ke depannya Desa Embalut bisa memandirikan masyarakat dengan BUMDes, baik segi UMKM dan pembudidaya ikan,” tandasnya. (Han/M. Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!