MEDIABORNEO.NET, KUTAI KARTANEGARA – Malang nian nasib yang menimpa Tudding. Seorang nelayan yang kapalnya ditabrak oleh kapal milik PT PNEP Ct 1303 di sekitar perairan Senipah, Kukar pada Senin lalu (25/10/2021).

Sekitar pukul 12.30 Wita, Selasa (26/10/2021) nelayan muda itu ditemukan dalam kondisi tak bernyawa, jasadnya bahkan masih terperangkap di puing-puing kapal, yang ditumpanginya bersama rekannya, Hamzah, yang saat kejadian berhasil menyelamatkan diri.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, proses pencarian terhadap korban tersebut melibatkan banyak unsur gabungan. Pencarian dilakukan dengan cara menyelam di sekitar lokasi tenggelamnya kapal.

Benar saja, petugas SAR akhirnya berhasil menemukan jasad Tudding, terperangkap di kabin kapal yang sudah menjadi puing-puing. Setelah berhasil dievakuasi ke permukaan air, petugas memasukkan jasad korban ke dalam kantong mayat khusus untuk selanjutnya dibawa ke RSUD Aji Bathara Dewa Sakti, Samboja. Sebelum akhirnya dikembalikan kepada pihak keluarga.

“Pencarian korban dilakukan dengan menyelam. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, tubuhnya terjebak di kabin kapal. Selanjutnya, korban dievakuasi ke rumah sakit,” kata Melkianus Kotta selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan.

Dengan ditemukannya korban, operasi SAR ditutup dan masing-masing personil telah dikembalikan ke kesatuan masing-masing.

Pada berita sebelumnya, Senin (25/10/2021) sekitar pukul 20.20 Wita, kapal milik PT PNEP Ct 1303 yang dinakhodai Bayanuddin baru saja keluar dari Jetty Kapal Krubut, menuju ke Peciko Alfa. Saat itu, dari jarak 10 hingga 15 meter, nahkoda melihat sebuah benda tepa di sekitar lokasi kejadian, perairan Senipah.

Kala itu, nakhoda beserta 2 awak kapal lain berupaya menghindari benda tersebut yang ternyata adalah kapal nelayan yang ditumpangi oleh Hamzah dan Tudding. Upaya itu tak membuahkan hasil, kapal Ct 1303 tetap saja melaju dan menabrak kapal 2 nelayan tersebut.

Mengetahui ada korban, awak kapal Ct 1303 berupaya melakukan penyelamatan dengan melempar pelampung pada 2 nelayan yang sudah dalam posisi mengapung. Naas, hanya Hamzah yang berhasil selamat. Sedangkan Tudding tenggelam.

Penulis : Koko
Editor : Jay

Don`t copy text!