MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) berupaya mengubah pola pikir pemuda dari berfokus mencari pekerjaan menjadi berfokus menjadi pengusaha.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Rasman, mengungkapkan hal tersebut dalam Seminar Wirausaha Pemula yang digelar di Pantai Panrita Lopi, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (4/11/23).

Menurut Rasman, pola pikir pemuda yang berfokus menjadi pekerja adalah merencanakan terlebih dahulu sebelum bertindak, sedangkan pola pikir pengusaha adalah bertindak terlebih dahulu, menemui masalah, dan kemudian mencari solusi serta melakukan evaluasi.

Rasman mencontohkan pengalaman pribadinya saat memulai usaha cuci pakaian dan karpet. Awalnya, dia merencanakan terlalu banyak hal yang membuat usahanya terhambat. Namun, dengan keberanian untuk memulai tanpa banyak perencanaan, meskipun menghadapi beberapa kendala, dia akhirnya berhasil.

“Kendala tersebut justru menjadi pengalaman berharga yang membantu dalam perkembangan usahanya,” ujar Rasman.

Melalui seminar ini, Rasman berharap para pemuda akan memiliki lebih banyak keberanian untuk menjadi pengusaha dan mengatasi rasa takut. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri para pemuda, sehingga mereka bisa berani untuk mencoba menjadi pengusaha.

“Menjadi pengusaha tidak memerlukan perencanaan yang sempurna, tetapi membutuhkan kemauan untuk mencoba dan bertindak,” ungkap Rasman.

Dengan semangat berwirausaha, diharapkan pemuda di Kaltim akan berani untuk mengambil langkah dan mengubah pola pikir mereka dari pekerja menjadi pengusaha. (Lis/M. Jay Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!