MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Sebanyak 15 atlet Taekwondo Kaltim, tunjukkan potensi maksimal, dengan berhasil amankan tiket dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 yang akan diselenggarakan di Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

Tiket ini berhasil diraih melalui Babak Kualifikasi (BK) PON yang berlangsung di Gor Popki Cibubur, Jakarta Timur, pada 30 Oktober lalu.

Dimana Ketua Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Kaltim, Aidin S Hadi, menyampaikan bahwa Taekwondo Kaltim berhasil meraih 3 medali perak dan 5 medali perunggu dalam kualifikasi tersebut.

Meskipun tidak meraih medali emas, ia merasa cukup puas dengan pencapaian ini. Ia juga mengakui bahwa persiapan tim terbatas, dan sebagian besar atlet masih dalam tahap peralihan dari kategori junior ke senior.

“Persiapan kami cukup minim. Kemudian sebagian besar atlet ini masih masa peralihan dari junior ke senior. Jadi saya kira ini hasilnya tidak cukup jauh,” ujar Aidin.

Aidin menegaskan, para atlet Taekwondo Kaltim telah memberikan penampilan terbaik. Para pemuda Taekwondo Kaltim mampu memberikan perlawanan yang tangguh saat bersaing dengan atlet-atlet pelatnas. Terlebih dari segi teknik, menurutnya pertandingan cukup berimbang.

“Anak-anak hanya kalah dalam hal pengalaman,” ungkapnya.

Aidin mengakui bahwa ia telah memberikan instruksi kepada seluruh atletnya untuk menjaga kondisi fisik terlebih dahulu, ketika disinggung terkait persiapan menjelang PON.

Ini dikarenakan atlet Taekwondo akan menjalani Training Center Sentralisasi (TC) sebagai bagian dari persiapan mereka.

Ia ingin memastikan bahwa saat berada di Pusat Latihan Daerah (Puslatda), pihaknya hanya perlu mematangkan aspek teknis.

“Kita ingin pastikan, kita hanya perlu mematangkan aspek teknis dan strategi pertandingan,” tegasnya.

Setelah melihat penampilan selama Babak Kualifikasi PON, ia optimis bahwa atlet-atlet Taekwondo Kaltim akan mampu meraih medali emas di PON nantinya.

Untuk diketahui, Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Kaltim menetapkan target untuk Kontingen Taekwondo Benua Etam setidaknya meraih satu medali emas. (Lis/M. Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!