MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), melalui Dinas Perhubungan (Dishub), meningkatkan fasilitas penerangan jalan umum bagi masyarakat pengguna jalan.

Tahun 2023 ini terdapat sekitar 2.450 Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) sudah terpasang dan tersebar di 16 kecamatan di Kukar.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin mengatakan, dari data maupun laporan yang ia terima, progres pemasangan LPJU sudah berjalan 85 persen.

Dengan anggaran mencapai Rp 5,9 Miliar, pemasangan LPJU sudah dilakukan di tujuh titik. Yakni daerah hulu, tengah dan pesisir.

“Progresnya positif ya, sekarang tinggal tiga lokasi lagi, dan diperkirakan pekan ini selesai,” sebutnya.

Dalam pemasangan LPJU, Dishub, lanjut dia, juga berkoordinasi dengan PLN untuk pengadaan daya listrik, travo dan surat kelayakan operasi. Pemasangan ini sendiri berlangsung satu sampai dua hari.

Sebagai informasi, pengadaan LPJU merupakan salah satu bentuk pelayanan Pemkab Kukar ke masyarakat.

Tak hanya untuk menerangi jalan saja, namun juga berkaitan dengan keselamatan pengendara, serta meminimalisir tindak kejahatan.

“Ini adalah bagian dari skema program Terang Kampungku. Untuk DPMD, mereka menangani penerangan di Desa. Disperkim menangani penerangan permukiman, dan untuk Dishub menangani penerangan jalan poros,” pungkasnya. (Han/M. Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!