KPU Berau Tetapkan DPT Pilkada 2024, 198.347 Pemilih Siap Berpartisipasi

KPU Berau Tetapkan DPT Pilkada 2024, 198.347 Pemilih Siap Berpartisipasi
Komisioner Bidang Perencanaan Data dan Informasi KPU Kaltim, Iffa Rosita. (Ft: KPU Kaltim)

MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA –  
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Berau telah resmi menetapkan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada 2024, yang berjumlah 198.347 pemilih. Dari jumlah tersebut, sebanyak 106.139 pemilih adalah laki-laki dan 92.208 pemilih perempuan.

Informasi ini disampaikan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT Tingkat Kabupaten, yang diadakan di Hotel Bumi Segah, Kamis malam (19/9/2024).

Budi Harianto, Ketua KPU Berau, menjelaskan, bahwa jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disiapkan untuk Pilkada kali ini mencapai 475 TPS. Sebelumnya, dalam tahap Daftar Pemilih Sementara (DPS), jumlah pemilih sementara tercatat 197.976 orang dengan 469 TPS. Namun, seiring dengan proses perbaikan, terdapat beberapa perubahan baik dalam daftar pemilih maupun jumlah TPS.

“Perbaikannya itu dilakukan di tingkat kabupaten, dan penambahannya tidak banyak, hanya sedikit saja,” ungkap Budi saat diwawancarai.

Tambahan TPS juga terjadi di Kecamatan Segah, dengan lima TPS reguler baru dan satu TPS khusus.

Selain itu, Budi menjelaskan, bahwa terdapat tiga TPS khusus yang telah ditetapkan, yakni di Rutan Kecamatan Tanjung Redeb, Tanjung Batu, dan Segah.

“Jadi untuk TPS khusus ada 3, yakni di Rutan Tanjung Redeb sebanyak 1 TPS, Tanjung Batu 1 TPS, dan Segah 1 TPS,” lanjutnya.

Komisioner Bidang Perencanaan Data dan Informasi KPU Kaltim, Iffa Rosita, turut membenarkan penetapan DPT yang dilakukan oleh KPU Berau. Iffa menyatakan, beberapa wilayah seperti Kutai Kartanegara, Bontang, dan Balikpapan juga telah melakukan penetapan DPT pada hari yang sama. KPU Kaltim sendiri akan menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT untuk seluruh wilayah Kalimantan Timur pada 22 September mendatang.

“DPT yang telah ditetapkan melalui Pleno tidak bisa diubah lagi. Bahkan, jika ada pemilih yang meninggal setelah penetapan, mereka tidak bisa dicoret dari daftar, begitu juga dengan data TPS yang telah ditetapkan,” terang Iffa.

Dengan penetapan ini, Pilkada 2024 di Berau semakin dekat, dan seluruh persiapan, termasuk daftar pemilih dan TPS, sudah matang. Masyarakat Berau diharapkan bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik untuk menentukan masa depan daerah mereka. (Adv/Koko/M Jay)

Share