MEDIABORNEO.NET, KUTIM – Anggota DPRD Kaltim, Agus Aras membuka kegiatan Orientasi Cross Country Perkemahan Pengenalan Saka Wora Kartika ke V Tahun 2023, yang dilaksanakan di Kecamatan Muara Bengkal Ilir, Kebupaten Kutai Timur (Kutim), Kamis (26/10/2023).

Agus Aras juga menjadi narasumber pada kegiatan yang dihadiri oleh peserta pramuka yang hadir dari seluruh Kecamatan di Kutim.

“Saat ini Kaltim telah ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tentunya, mulai saat ini kita harus mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk berkontribusi terhadap pembangunan ke depannya,” ujarnya.

Sebagai generasi muda, Agus Aras mengingatkan, jika segala peluang dan tantangan mau tidak mau harus diambil, tentunya dengan persiapan SDM yang matang diimbangi skill yang juga harus dipersiapkan mulai dari sekarang.

“Peluang dan tantangan itu harus kita ambil, tentukan kita juga harus mempersiapkan diri untuk bersaing di segala sektor pembangunan,” katanya.

Organiasi kepramukaan merupakan salah satu organisasi yang yang secara tidak langsung membentuk mental bagi calon-calon pemimpin dimasa yang akan datang.

Untuk itu, Politisi Partai Demokrat itu menceritakan pengalamannya saat menjadi anggota pramuka. Status anggota pramuka ia jalankan mulai dari sekolah dasar hingga hingga menengah pertama.

“Saya dulu juga aktif di organisasi pramuka saat sekolah, kebetulan saya bersekolah di SMP Singa Geweh di Sangatta. Saya pernah menjadi pemimpin regu hingga tamat sekolah. Pramuka menjadi salah satu yang membentuk mental saya hingga saat ini,” katanya.

Anggota DPRD Kaltim yang juga duduk di Komisi I itu pun kembali mengenang saat-saat dirinya aktif sebagai anggota pramuka. Ia bercerita jika menjadi anggota pramuka memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari keluar masuk hutan, kebersamaan hingga kekompakan terpupuk saat menjadi anggota pramuka.

“Sangat luar biasa rasanya, dan senang saya biasa hadir disini. Seperti terbawa saat saya menjadi pramuka dulu,” katanya.

Terakhir, dirinya berpesan agar seluruh peserta bisa terus konsisten dijalur yang positif. Persiapkan diri mulai dari sekarang untuk bersaing di masa yang akan datang. (Oen/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Share
Don`t copy text!