MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Kaltim, Bagus Susetyo mendukung berbagai program yang dibuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk mendukung pembangunan di Kaltim.

Namun demikian, dirinya juga memberikan beberapa catatan beberapa bidang yang belum maksimal pelaksanaannya. Diantaranya, pendidikan, kesehatan, ketahanan pangan dan pertumbuhan ekonomi.

“Kami ingin Kaltim bisa mandiri dalam hal ketahanan pangan, pertanian, energi terbarukan dan industri hilir manufaktur, termasuk pertumbuhan ekonomi daerah yang lebih tinggi,” ujarnya, Jumat (23/10/2023).

Dia menyebut, diantara yang juga menjadi persoalan adalah masih tingginya angka pengangguran di Kaltim. Untuk itu, kata dia, Pemprov Kaltim harus berani membuka peluang dan menjajaki kerjasama dengan berbagai pihak untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Dia mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan pembangunan di sektor pertanian, seperti membuka lahan sawah baru, mengembangkan perkebunan, membangun waduk dan irigasi.

Hal utama yang harus menjadi perhatian dalam pembangunan pertanian ini kata Bagus, dengan memperbaiki infrastruktur jalan dan transportasi antar kabupaten dan kota agar distribusi barang dan perdagangan bisa lebih lancar.

Ia berharap pemerintah daerah terus meningkatkan kualitas dan akses pendidikan dengan memanfaatkan program Beasiswa Kaltim Tuntas hingga jenjang sarjana.

“Selain itu, pemerintah daerah harus berusaha memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat Kaltim yang berkompeten untuk bekerja di kementerian di IKN,” katanya

Dia menambahkan, DPRD Kaltim akan terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan harapan dan kemajuan masyarakat Kaltim. Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung pembangunan dan kemajuan Kaltim.

“Kami sebagai wakil rakyat di legislatif akan berjuang dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan dan kemajuan Kaltim. Tentu saja kami juga membutuhkan dukungan dari semua pihak,” pungkasnya. (HK/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!