MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Damayanti mengatakan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) lokal sangat diperlukan dan harus menjadi perhatian serius Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda.

Di era yang terus berkembang seperti sekarang ini, ditambah dengan kemajuan teknologi informasi dan digitalisasi memaksa siapapun untuk dapat mengimbanginya, sehingga tidak tertinggal. Mau tidak mau juga harus mengikuti perkembangan tersebut dengan terus mengasah kemampuan yang dimiliki.

Selain itu, dengan Kalimantan Timur ditetapkan sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN), maka dipastikan persaingan akan semakin meningkat. Untuk itu, SDM lokal juga harus siap menghadapi tantangan tersebut.

Untuk menciptakan SDM lokal yang memiliki kemampuan, berkualitas, tersertifikasi, kata Damayanti, juga harus didukung oleh tersedianya fasilitas peningkatan kualitas SDM. Pemkot Samarinda, lanjutnya, hendaknya tidak hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur saja.

“Kita sangat apresiasi pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemerintah Kota Samarinda, tapi yang selalu kita tegaskan dari DPRD bahwa pembangunan infrastruktur harus diimbangi dengan peningkatan SDM,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur yang tidak diimbangi dengan peningkatan SDM, maka akan menjadi sia-sia, karena indikator daerah maju dilihat dari SDM.

“Visi dan misi ini targetnya 2024, artinya harus dilakukan sejak sekarang. Jangan menunggu nanti, pembangunan infrastruktur harus sejalan dengan SDM, karena sangat disayangkan jika daerahnya maju, namun SDM masih jauh tertinggal,” tandasnya. (Adv/Koko/M Jay)

Don`t copy text!