MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – upaya meningkatkan kualitas prestasi olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur mengambil langkah menginisiasi penyelenggaraan kompetisi olahraga di antara berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang beroperasi di wilayah Benua Etam.

Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma menjelaskan, esensi dari pertandingan olahraga antar OPD ini bukan hanya tentang persaingan, tetapi juga sebagai wadah untuk menggali dan mengidentifikasi bakat-bakat potensial dalam bidang olahraga yang mungkin terdapat di antara pegawai negeri dan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ia mengaku, pertandingan antar OPD di Kaltim ini juga merupakan bentuk apresiasi atas upaya keras dan dedikasi mereka dalam memajukan daerah selama ini.

“Potensi-potensi yang ada di lingkungan ASN dan PPPK, ingin kita cari. Sekaligus ini jadi bentuk apresiasi kita kepada mereka yang telah berkontribusi dalam pembangunan daerah,” beber AHK.

Dilanjutkan Agus, para peserta akan memperebutkan piala Ketua Korpri Provinsi Kaltim yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Sri Wahyuni.

Dimana terdapat 10 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan, mulai dari tenis lapangan, tenis meja, catur, voli, basket, futsal, gateball, bulutangkis, senam Korpri dan balap sepeda.

“Ini pertama kali. Kami harap bisa jadi tradisi tahunan dan meningkatkan prestasi olahraga di Kaltim,” ungkapnya.

Ditambahkan Agus, pertandingan ini dijadwalkan akan digelar pada bulan Desember 2023 mendatang. Setelah itu, rencananya akan diikuti oleh Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Korpri.

Para juara dari cabang olahraga yang dipertandingkan akan diwakili untuk berkompetisi dalam Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri. Tahun lalu, Pornas Korpri diadakan di Semarang.

“Atlet-atlet terbaik kita akan dikirimkan ke Pornas Korpri. Ini bentuk dukungan kepada organisasi Korpri yang telah memberikan banyak manfaat bagi para pegawai,” tutup AHK. (Lis/M. Jay/Adv /Dispora Kaltim)

Don`t copy text!