MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga, Dispora Kalimantan Timur (Kaltim) lakukan langkah progresif dengan canangkan pendirian akademi olahraga.

Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma, terinspirasi oleh pencapaian sukses provinsi lain, terutama Jawa Barat (Jabar), yang berhasil mengukir dominasi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON).

AHK kemudian mengusulkan pembentukan akademi olahraga yang memusatkan perhatian pada sektor olahraga dan pariwisata, menggandalkan sumber daya manusia berkualitas yang tersedia di Dispora Kaltim.

“Model yang diadopsi mengambil inspirasi dari Jabar, mereka berhasil dalam PON 2016 dan PON 2020, banyak ditopang oleh keberadaan beragam akademi olahraga,” ungkap AHK.

Agus Hari Kesuma berharap agar pola serupa dapat diterapkan di Kaltim, menciptakan dinamika di mana atlet tidak hanya menjalani latihan secara mandiri, tetapi juga saling bersaing untuk meningkatkan prestasi.

Ia optimistis bahwa Dispora Kaltim akan mencapai tingkat otonomi yang mendukung pengelolaan rekrutmen atlet dengan lebih efisien.

Dalam konteks Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kaltim, Agus Hari Kesuma mengakui peran krusial dari keberadaan akademi olahraga yang mandiri. Untuk itu, ia mendorong DBON untuk merencanakan dan mengimplementasikan akademi olahraga sendiri.

Khususnya dalam fasilitas dan infrastruktur, Dispora Kaltim menegaskan komitmennya untuk berkoordinasi dengan DBON Kaltim guna optimalisasi pemanfaatan fasilitas yang ada.

“Termasuk pembayaran untuk penggunaan fasilitas olahraga tertentu,” ujarnya.

Agus Hari Kesuma berharap agar sinergi antara Dispora Kaltim, DBON Kaltim, dan akademi olahraga dapat menjadi kunci kesuksesan dalam mengangkat prestasi olahraga di daerah ini. (Lis/M. Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!