MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Pekan Raya Pemuda Kaltim 2023 dipandang Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Rasman jadi salah satu kegiatan yang berperan penting dalam peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

Bukan tanpa alasan, menurut Rasman, PRPK berkaitan dengan kesejahteraan, oleh karenanya pelaksanaan kegiatan tersebut dapat meningkatkan IPP.

“Bagin dari meningkatkan IPP itu ya seperti ini, karena acara ini terkait dengan kesejahteraan,” terang Rasman kepada awak media, Kamis (26/10/2023).

Disinggung terkait upaya meningkatkan IPP yang tidak sampai hingga Dispora Kaltim, ia menegaskan bahwa seluruh stake holder harus melakukan komunikasi.

“Harus komunikasi dengan seluruh stakeholder, harus bekerjasama dengan teman-teman di Dispora,” tegasnya.

Kerja sama itu menurutnya penting, oleh karenanya ketika masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan pembinaan terhadap pemuda, datanya perlu disampaikan kepada Dispora Kaltim.

“Bina pemuda itu khusus usia produktif, kemudian ketika dilakukan pembinaan tolong diberikan datanya, kalau tidak dilaporkan kepada kami ya kami tidak tahu,” ujarnya.

Seluruh kegiatan Dispora Kaltim, baik itu seminar hingga pelaksanaan Pekan Raya Pemuda, seluruhnya ia akui mengarah kepada peningkatan IPP.

“Sejauh ini selalu mengarah kesana untuk meningkatkan IPP, target 10 ribu itu kalau tercapai minimal mereka punya pemikiran untuk membuka usaha,” ungkap Rasman.

Pembukaan usaha, lanjut dia, dapat menyerap tenaga kerja Benua Etam, ketika terserap secara otomatis didalamnya pasti memiliki hasil.

“Tapi ya namanya usaha tidak ada yang instan dan tidak gampang, jadi harus pemuda tangguh dalam berbagai hal, tanggung dalam kepeloporan hingga kesehatan,“ tandas Rasman. (Lis/M. Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!