MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Ketua Pansus LKPj Wali Kota Samarinda, Fuad Fakhruddin mengatakan, evaluasi terhadap capaian pelaksanaan program dan kegiatan, serta permasalahan dan upaya penyelesaian setiap urusan pemerintahan yang telah dilaksanakan oleh Pemkot Samarinda di bawah kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Andi Harun-Rusmadi Wongso telah dilakukan evaluasi. Termasuk kebijakan strategis yang ditetapkan oleh kepala daerah hingga pelaksanaannya.

Dikatakan, Pansus LKPj Wali Kota Samarinda juga menindaklanjuti rekomendasi DPRD terkait rekomendasi atas LKPj tahun sebelumnya. Yang mana, rekomendasi tersebut belum ditindaklanjuti oleh Pemkot Samarinda.

Fuad Fachruddin menyebut, hasil pelaksanaan tugas dalam LKPj juga telah dilaporkan. Diantaranya terkait dengan capaian kinerja hasil pelaksanaan tugas pembantuan yang diterima, baik dari pemerintah pusat atau pemerintah provinsi dan itu memuat permasalahan serta upaya penyelesaian setiap tugas pembantuan atau juga penugasan. Kemudian, capaian kinerja hasil pelaksanaan tugas pembantuan yang diberikan kepada Pemkot Samarinda oleh pemerintah provinsi. Hal itu memuat permasalahan dan upaya penyelesaian setiap tugas pembantuan atau penugasan pada Pemkot Samarinda.

“Pansus telah memperoleh gambaran jelas dan konfrehensif mengenai berbagai kebijakan yang sudah diimplementasikan, serta hasil capaian. Kami menginginkan agar dokumen LKPj ini memuat informasi penyelenggaraan pemerintah yang lengkap dengan data-data yang ril, update dan layak dipercaya, ” katanya.

Fuad menyebut, ada beberapa hal yang menjadi catatan Pansus atas kinerja Wali Kota Samarinda, seperti peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan status guru honorer.

“Hanya dua Fraksi yang sampaikan catatan. Komisi IV terkait usulan guru honorer. Nah itu masih diupayakan untuk ditingkatkan menjadi PNS. Kemudian Komisi III terkait SDM. Tapi apapun itu, kita berharap Pemkot supaya memperhatikan lagi SDM melalui program-program yang sudah berjalan, ” katanya.

Namun begitu, terkait hasil kinerja Wali Kota Samarinda, lanjut dia, seluruh Fraksi di DPRD Samarinda memberikan apresiasinya.

“Teman-teman Fraksi mengapresiasi semua terkait kinerja Wali Kota yang sudah mencapai persentase tinggi. Kita juga sudah revisi terkait usulan Fraksi, cuma tidak kita sampaikan ke media, karena itu sudah ada rekomendasi melalui surat, ” tandasnya. (Adv/Koko/M Jay)

Don`t copy text!