MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota Komisi I DPRD Kota Samarinda Andi Muhammad Afif Rayhan Harun menghadiri acara Deklarasi Kota Bontang sebagai Kota Lengkap, yang dilaksanakan di gedung Odah Etam Kompleks Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (5/4/2023).

Acara tersebut juga dihadiri Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, Gubernur Kaltim Isran Noor, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Wali Kota Bontang Basri Rase dan unsur pimpinan Forkopimda Kaltim.

Dalam sambutannya, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto mengatakan, arti Kota Lengkap ialah kota tersebut secara spasial dan yuridis telah memenuhi syarat, tidak ada lagi gap dan overlapping di dalamnya.

Ditemui usai kegiatan, Andi Muhammad Afif Rayhan Harun mengucapkan selamat kepada Kota Bontang yang telah dideklarasikan sebagai Kota Lengkap dan menjadi kota pertama di Pulau Kalimantan, serta nomor tiga di Indonesia yang mendapatkan predikat Kota Lengkap oleh pemerintah pusat.

“Saya ucapkan selamat kepada Kota Bontang yang dinobatkan langsung oleh Menteri ATR sebagai Kota Lengkap. Kota ke-3 pertama di Indonesia dan dinobatkan sebagai Kota Lengkap,” ucapnya.

Dengan predikat yang berhasil disandang Kota Bontang tersebut, kata pria yang karib disapa Afif ini, akan menjadi motivasi kota-kota lainnya termasuk Kota Samarinda untuk dapat menyusul menjadi Kota Lengkap.

Dikatakannya, banyak persyarakatan yang harus dipenuhi suatu daerah untuk bisa menjadi Kota Lengkap. Selain itu, perlu adanya kolaborasi antara pemerintah daerah dengan Instansi Kantor Pertanahan . Dengan terwujudnya Kota Lengkap, maka akan memberikan banyak manfaat positif pada pemerintah daerah dan masyarakat itu sendiri.

“Insyaallah Samarinda akan menyusul. Harapanya Kota Samarinda juga dapat menyusul Kota Bontang sebagai Kota Lengkap,” katanya. (Adv/Koko/M Jay)

Don`t copy text!