MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Sebagaimana Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang penetapan hasil hisab Zulhijah 1444 hijriah nomor 1/MLM/I.O/E/2023, 1 Zulhijah 1444 Hijriah jatuh pada Senin Legi 19 Juni 2023, Hari Arofah 9 Zulhijah jatuh pada Selasa Wage 27 Juni 2023 dan Idul Adha jatuh pada Rabu Kliwon 28 Juni 2023

Muhammadiyah Kalimantan Timur (Kaltim) dalam data yang dihimpun kesekretariatan menyiapkan 65 lokasi Salat Idul Adha yang tersebar di 9 Pimpinan Daerah Muhammadiyah se Kaltim.

Ketua PW Muhammadiyah Kaltim KH Siswanto Sunandar didampingi Sekretaris H Amir Hady menyatakan ada 65 titik tercatat sebagai lokasi pelaksanaan Salat Idul Adha yang dilaksanakan serentak Rabu 28 Juni 2023.

“Pelaksanaan Salat Idul Adha dikoordinir oleh Muhammadiyah baik di tingkat daerah, cabang maupun ranting diperuntukkan untuk semua warga masyarakat,” kata KH Siswanto, di Samarinda Selasa 27 Juni 2023.

Siswanto menjelaskan dengan adanya perbedaan hari raya Idul Adha tahun ini Ukhuwah Islamiah tetap dikedepankan. Warga Muhammadiyah dihimbau untuk pemotongan hewan kurban dilaksanakan mulai hari Kamis hingga hari tasyrik berakhir agar nilai syiar dan kebersamaan lebih dapat dirasakan.

Dalam daftar pelaksanaan salat Idul Adha Muhammadiyah di Kaltim beberapa lokasi mendatangkan khatib dari luar Provinsi.

“Misal, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Samarinda Utara, untuk Idul Adha tahun ini mendatangkan khatib dari Jakarta. Insyaallah Ustad Muhammad Choirin salah satu anggota Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang juga Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta, sekaligus Peneliti di Direktorat Kajian dan Pengembangan BAZNAS RI akan menjadi Khatib Idul Adha di Lapangan Parkir GOR Kadrie Oening Sempaja Samarinda,” jelasnya.

Kemudian Masjid Ad Dakwah Kompleks Muhammadiyah Center di Jalan Siradj Salman pelaksanaan Salat Idul Adha tahun ini akan digelar di halaman masjid Ad Dakwah dengan mendatangkan Khatib Ustad Dr HM Ilham Muchtar, yang merupakan Wakil Ketua Majelis Pembinaan Kader Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan.

Penulis : M Jay

Don`t copy text!