MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Ribuan warga berkumpul di Pasar Merdeka, Sungai Pinang, Samarinda. Mereka tak sabar menanti kehadiran Presiden Joko Widodo yang akan melakukan kunjungan ke pasar tersebut, Kamis pagi (21/9/2023).

Sekitar pukul 10.40 Wita, Presiden Joko Widodo tiba di Pasar Merdeka dan langsung disambut antusias warga. Saat itu Presiden didampingi Gubernur Kaltim, Isran Noor langsung disambut Wali Kota Samarinda, Andi Harun. Presiden Joko Widodo juga menyempatkan diri menyapa warga.

Selanjutnya, Presiden dan rombongan meninjau lapak-lapak yang ada di Pasar Merdeka. Presiden juga menyapa pedagang dan menanyakan langsung perkembangan harga kebutuhan pokok pada para pedagang.

“Kalau semua Pasar seperti ini akan sangat bagus sekali, karena ini inovasi dari Wali Kota sangat bagus, ” ucapnya pada awak media, di sela-sela kunjungan.

Mengenai harga-harga kebutuhan bahan pokok yang ada di Pasar Merdeka, Presiden Joko Widodo menilai masih sangat terkendali dengan baik. Walaupun diakuinya, khusus komoditi beras harganya masih relatif tinggi.

“Saya senang karena harga-harga terkendali. Bahkan cabai harganya turun, bawang putih juga turu, bawang merah juga turun. Yang masih belum turun adalah beras, ” katanya.

Kenaikan harga beras ini, kata Presiden, disebabkan karena pasokan dari petani yang memang berkurang. Khususnya di tujuh provinsi penghasil.

“Iklimnya memang dan dari pasokan petani yang masuk ke penggilingan itu kurang, karena ada super El Nino di tujuh provinsi. Tapi kita memperbesar cadangan strategi lewat impor untuk menutup kekurangan produksi yang ada, ” terangnya.

Selain itu, kata Presiden, Bulog akan segera melakukan operasi pasar untuk mengurangi dampak kenaikan harga beras.

“Saya lihat Bulog sudah mulai masuk. Kita harapkan dengan operasi pasar yang dilakukan Bulog membawa harga beras bisa turun, ” tandasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden juga membagi-bagikan paket sembako dan baju kepada warga.

Turut hadir dalam kunjungan Presiden, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto dan jajaran Forkopimda Kaltim.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!