MEDIABORNEO.NET,  – Anggota Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Ahmat Sopian Noor meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda bersama OPD terkait untuk menggencarkan program-program kegiatan peningkatan minat baca masyarakat, khususnya kepada anak-anak.

Dikatakkannya, peningkatan minat baca masyarakat, terutama anak-anak sebagai generasi muda bangsa Indonesia merupakan hal yang penting untuk dilakukan, karena dengan membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat adalah Pemkot melakukan terobosan seperti menyediakan mobil pustaka,” ujarnya.

Kata Sopian, fasilitas penunjang seperti menyiapkan mobil pustaka sangat penting. Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat yang bermukin di wilayah pinggiran dan pelosok untuk mendapatkan bahan bacaan.

Layanan mobil pustaka memiliki tugas melakukan kunjungan di setiap wilayah terpencil, sehingga dapat menumbuh kembangkan minat baca.

“Kalau perlu langsung datangi tiap-tiap RT untuk menumbuhkembangkan minat baca adik-adik kita, anak-anak kita, supaya mereka senang membaca dan hobi membaca,” katanya.

Tidak kalah pentingnya, menumbuhkan minat baca melalui lingkungan sekolah. Dengan begitu, lanjutnya, OPD terkait harus terlibat aktif memberikan arahan kepada kepala sekolah untuk membangun perpustakaan dengan gedung sendiri.

“Artinya kembali kepada kepala sekolah sebagai penyelenggara sekolah, bagaimana kita dapat mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutupnya. (Adv/Koko/M Jay)

Don`t copy text!