MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Upaya mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kukar, Dinas Pariwisata (Dispar) perbaiki sarana dan prasarana obyek wisata Planetarium Jagad Raya Tenggarong.

Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023, Dispar Kukar akan membeli alat lensa kamera. Hal itu dimaksudkan agar planetarium tersebut bisa beroperasi kembali.

Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo mengatakan, lensa kamera tersebut akan dipesan melalui distributor dari Bandung, usai melakukan kunjungan kerja ke Semarang.

“Saat itu kami sedang kunjungan kerja ke Semarang. Saya tau di IAIN Semarang ada planetarium, saya sempat mengajak berdiskusi mengenai hal tersebut. Akhirnya ada distributor di Bandung menawarkan diri,” kata Slamet, Rabu (11/10/2023).

Ia menyebut, setelah alat itu dipasang, maka Planetarium Tenggarong segera dioperasikan kembali. Planetarium itu merupakan wadah rekreasi sekaligus edukasi untuk para pengunjung dan anak – anak sekolah.

“Kedepannya nanti di sekitar Planetarium juga akan kami libatkan pelaku Ekonomi Kreatif, baik pertunjukan seni hingga UMKM,” ujarnya.

Konsep tersebut diterapkan demi memikat daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Planetarium. Dirinya berharap, nantinya kunjungan wisatawan ke Planetarium Tenggarong bisa maksimal, sehingga berdampak kepada ekonomi masyarakat Kukar.

“Kami berharap ketika Planetarium beroperasi kembali, kunjungan wisatawan bisa mkasimal dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” tutupnya. (Aan/M.Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!