MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Polda Kaltim bersama Polresta Samarinda melaunching Uji Praktik SIM C tanpa melalui jalur zig zag, melainkan menggunakan metode S, yang dilaksanakan di halaman Polresta Samarinda, Rabu (9/8/2023).

Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Sonny Irawan SIK didampingi Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli turut hadir dalam kegiatan tersebut.

“Kapolri merespon apa yang diinginkan masyarakat. Kami jajaran Polantas di wilayah Polda Kaltim secara serentak melaunching penggunaan praktik ujian SIM, khususnya kendaraan roda 2 dengan menggunakan metode S, ” ujarnya pada awak media usai kegiatan.

Menurutnya, metode S ini sangat mudah dilakukan dan sengaja dibuat untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Saya bersama pak Kapolres mencoba merasakan. Kita akan beri 2 kali kesempatan dan diupayakan masyarakat juga diberikan kesempatan untuk latihan, ” katanya.

Walaupun mengaku metode S lebih mudah, namun Kombes Pol Sonny Irawan menyebut, ada beberapa kesulitan dalam pelaksanaan praktik tersebut. Yakni pada saat melintasi tikungan, karena ini yang bisa menyebabkan sering jatuh. Jadi harus memperhatikan, mengambil sisi kanan untuk berputar dengan putaran yang cukup tajam, ” bebernya.

Terkait dengan alasan perubahan penggunaan metode Uji SIM tersebut, dia mengatakan, metode ini menjadi inovasi baru untuk memudahkan masyarakat dalam pelaksanaan uji praktik SIM.

“Kita ada masukkan, agar tidak menggunakan metode 8 dan zig zag, ” katanya.

Dia memberikan tips pada masyarakat saat mengikuti uji praktik SIM.

1. Uji keseimbangan. Pengendara motor mampu berkendaraan, mengerem dan menjaga keseimbangan.
2. Butuh keterampilan saat praktik di jalan raya, khususnya ketika di jalur menikung, agar bagaimana mengambil tikungan supaya tidak menabrak atau menyeberang ke jalur sebelahnya.
3. Saat menghadapi rintangan atau tikungan kombinasi, perhatikan rambu.
4. Pengereman. Hindari pengereman mendadak.

“Polri hadir untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kemudahan masyarakat, ” pungkasnya.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!