MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan wilayah yang beririsan langsung dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ada beberapa potensi yang bisa dikembangkan. Salah satunya di Desa Jonggon yang memiliki sektor pertanian dalam arti luas.

Camat Loa Kulu H Ardianyah mengatakan, Desa Jonggon memiliki potensi besar di sektor pertanian, perkebunan dan peternakan. Bahkan, lanjut dia, di Loa Kulu sudah memiliki pabrik jahe yang sekarang di jadikan kegiatan petani jahe untuk memproduksi jahe berkualitas baik.

Tak hanya itu, ada juga peternakan miniren atau peternakan sapi yang sudah dikelola dengan baik. Dimana, ini akan mendukung keberadaan IKN.

“Jadi di Jonggon itu kalau melihat potensinya sangat besar dari beberapa sektor. Jadi kita sudah desain, sudah semua masuk, ” kata Ardiansyah, Kamis (12/10/2023).

Kemudian di sektor perikanan, sebutnya, Loa Kulu juga sudah menyiapkan hulunya. Saat ini hanya tinggal menyiapkan hilirnya saja, karena hasilnya diyakini akan besar.

Ardiansyah mengatakan, semua hasil perikanan yang ada di pasar ikan Samarinda mayoritas berasal dari Loa Kulu. Sehingga, dengan hadirnya IKN di Kaltim, yang mana wilayah Kukar masuk di dalamnya, maka Loa Kulu akan benar-benar mempersiapkan menjadi wilayah penghasil perikanan.

“Harapan kita dari pemerintah, baik provinsi maupun pemerintah pusat, ada sejenis pabrik ikan untuk diolah menjadi kering, guna meningkatkan ekonomi masyarakat, ” tutupnya. (Aan/M. Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!