MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Sebuah perahu ketinting tenggelam setelah terseret arus hingga ke bawah kapal, lantaran baling-balingnya terlilit sampah plastik, di perairan Desa Separi, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar pada Salasa sore (4/7/2023). Akibatnya, seorang penumpang tenggelam, tiga orang lainnya berhasil selamat.

Peristiwa naas itu terjadi sekitar pukul 16.31 Wita, saat para korban yang merupakan ABK TB Bahar 37 baru selesai berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Korban selamat masing-masing adalah Wandi (33), Dodi Alpayad (26) dan Dani (15), ketiganya warga Desa Separi, Kukar. Sedangkan korban tenggelam bernama Andre Febriman (35), warga Desa Separi, Kukar.

Informasi yang dihimpun dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan, sebelum kejadian keempat orang ABK tersebut pergi berbelanja ke desa dengan menumpang sebuah perahu ketinting. Setelah selesai belanja, mereka kembali ke perahu untuk menuju ke kapal yang tengah bersandar di perairan Desa Separi.

Namun belum sampai di tempat tujuan, tiba-tiba baling-baling perahu ketinting bermasalah, lantaran banyak sampah plastik yang melilit baling-baling. Akibatnya, perahu ketinting tak bisa jalan. Sementara, tak jauh dari lokasi macetnya perahu ketinting, kapal TK Gemilang juga sedang berlayar. Tak ayal, perahu ketinting yang ditumpangi empat ABK tersebut tersedot arus hingga mengarah ke bawah kapal TK Gemilang dan tenggelam.

Saat kejadian, Wandi, Dodi dan Dani berhasil menyelamatkan diri. Sedangkan Andre tenggelam.

“Tim kami dari Rescue Unit Siaga SAR Samarinda sudah berkoordinasi dengan pihak pelapor dan saat ini siap melaksanakan operasi pencarian terhadap korban, bersama dengan unsur SAR lainnya, ” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan, Melkianus Kotta.

Penulis : Oen
Editor : M Jay

Don`t copy text!