MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Kota Samarinda, Novan Syahrony Pasie mengatakan, setiap Anggota DPRD akan melaksanakan tugasnya untuk menyerap aspirasi masyarakat melalui kegiatan Reses yang dilaksanakan di daerah pemilihannya masing-masing.

Kata dia, kegiatan Reses sangat penting bagi wakil rakyat, untuk mendapatkan apa saja yang menjadi aspirasi masyarakat dalam berbagai hal. Baik itu untuk pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, kesehatan, pendidikan dan sebagainya.

Selanjutnya, kata Novan, aspirasi-aspirasi tersebut akan disampaikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda.

“Kalau saya, sebenarnya aspirasi bukan hanya saat Reses saja. Tapi saat kita bergaul juga di masyarakat. Bagaimana kita meminta Pemkot untuk merealisasikan secepatnya aspirasi ini,” ujarnya.

Mengenai pelaksanaan mewujudkan aspirasi tersebut, Novan menjelaskan, DPRD Samarinda melalui Badan Anggaran (Banggar) bersama dengan Pemkot Samarinda akan mengganggarkan pembangunan yang dianggap lebih prioritas untuk dilaksanakan.

“Memang yang sering terjadi perbedaan, tapi kembali mana yang lebih prioritas,” katanya.

Dia melanjutkan, pada 2024, pihaknya bersama Pemkot Samarinda sudah membahas pembangunan yang dilaksanakan. Yang mana, pembahasaanya sudah dilaksanakan sejak 2023 lalu.

“Kita sudah bicara pembangunan 2024. Karena 2023 sudah lewat. Hari ini kita bicara 2025. Apa yang kita usulkan bisa terealisasi di 2025, secepatnya di anggaran perubahan 2024,” jelasnya.

“Jadi kita bermanuver kapal besar, tidak bisa langsung, apalagi kita sekarang terkait dengan aturan Permendagri dan lainnya. Kita harus gunakan sistem SKPD semua. Itu tidak mudah dan harus dipersiapkan juga. Pemkot dan teman-teman di OPD kita persiapan. Hal yang penting disosialisasikan,” lanjut Novan.

“Contoh, Maret ada namanya Musrenbang tingkat provinsi. Bulan ini Musrenbang kota. Ini usulan yang ada ini kita akomodir, kita rankum dari masukan masyarakat dari 2022, bahkan 2023 dan yang sebelumnya yang belum terselesaikan, ini dulu dikerjakan,” imbuhnya. (Adv/Koko/M Jay)

Don`t copy text!