MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Ketersediaan air bersih selama menghadapi musim kemarau dipastikan aman oleh Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda.

Hal itu disampaikan Direktur Teknik Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda, Ali Rachman, Jumat (11/8/2023).

Dia meminta masyarakat, khususnya pelanggan PDAM Tirta Kencana tidak khawatir kesulitan suplai air.

Menurutnya, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, pihaknya telah membangun pengolahan air totalnya 1.000 liter perdetik. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya gangguan distribusi air bersih kepada masyarakat. Salah satunya ketika air sungai bangai dan kemarau.

“Warga Samarinda tidak perlu khawatir kemarau yang jelas saat ini berjalan normal, tidak ada isu-isu pengurangan kapasitas produksi,” katanya.

Terkait postingan yang beredar di medsos akan adanya pengurangan distribusi air bersih, Ali Rachman menyebut hal itu tidak benar. Tetapi dia tetap mengimbau masyarakat untuk menampung air, kerana penampungan air bukan hanya saat kemarau tapi mencegah jika terjadi kebocoran pipa.

PDAM Tirta Kencana, lanjut dia, menggunakan hitungan bulan arab yakni tanggal 8 dan 22, jika kadar klorida sudah dibawah 250 maka aman hingga 15 hari kedepan.

“Air asin itu masuknya bukan rame-rame, kadang di tengah atau pinggir sungai tidak bisa langsung masuk keseluruhan. Tapi kami menyiapkan solusi untuk mengatasi ancaman kelangkaan air bersih yaitu mendistribusikan air secara bertahap kepada masyarakat, ” tandasnya.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!