MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Kaltim Encik Wardani ikut menyoroti kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim yang dinilainya belum mampu menciptakan swasembada pangan.

Padahal, menurutnya, wilayah Kaltim sangat strategis untuk pengembangan potensi pertanian dan perkebunan dalam arti luas. Sebab itu, diperlukan evaluasi terhadap program secara menyeluruh.

“Sebenarnya swasembada pangan ini kan sudah sejak lama digaungkan. Akan tetapi memang pada implementasinya belum maksimal dilaksanakan sehingga belum mampu dicapai,” ujarnya.

Selain pertanian dalam arti luas, kata dia, ketercukupan pemenuhan kebutuhan daging merah juga sudah semestinya bagian yang tak terpisahkan untuk segera dibenahi.

Dengan memaksimalkan program dari pemerintah pusat dengan pemerintah daerah terkait bibit sapi maka bukan suatu hal yang mustahil.

“Untuk pemenuhan kebutuhan pangan lokal, Kaltim masih sangat bergantung pada daerah luar. Ini harus secara bertahap dikurangi dengan membuat program yang jelas,” tutupnya. (Hk/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!