MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Berdasarkan hasil survei konsumen provinsi Kaltim pada Desember 2022, mengindikasikan bahwa optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap terjaga.

Hal tersebut terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Desember 2022 sebesar 133,8. Dimana angka ini masih tetap berada pada level optimis, yakni indeks lebih besar dari 100.

Sementara, keyakinan konsumen pada Desember 2022 yang tetap terjaga tersebut tercermin dari Indeks Ekonomi saat ini, yang tercatat sebesar 131,8 dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tercatat sebesar 135,7.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur Ricky P Gozali dalam siaran persnya menyampaikan, optimisme konsumen di Kaltim terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau tetap terjaga.

Menurutnya, berdasarkan Indeks Ekonomi saat ini pada Desember 2022 ditopang oleh optimisme akan penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja saat ini dan pembelian barang tahan lama. Dimana, pembelian barang tahan lama ini tercatat masing-masing sebesar 135,0 dan 115,5. Sedang Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja tercatat sebesar 145,0 atau meningkat dibanding bulan sebelumnya.

“Ekspektasi konsumen di Kaltim terhadap ekonomi dalam waktu 6 bulan ke depan juga terpantau masih tetap kuat,” ujar Ricky.

Dia menjelaskan, gambaran ekspektasi konsumen terhadap ekonomi di Kaltim ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Konsumen pada Desember 2022, yang tetap terjaga pada level optimis, yakni sebesar 135,7.

Ricky menambahkan, tetap terjaganya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan ditopang oleh ekspektasi terhadap penghasilan yang tercatat sebesar 1372, kegiatan usaha, tercatat sebesar 134,5 dan ketersediaan lapangan kerja, yang tercatat sebesar 135,0.

“Momentum tetap solidnya ekspektasi konsumen tersebut diharapkan mampu diimbangi dengan sinergi dan inovasi seluruh elemen masyarakat untuk Kaltim Berdaulat,” tutupnya.

Editor : Oen

Don`t copy text!