Deni Hakim Apresiasi Predikat KLA Kota Samarinda

MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda berhasil meraih predikat Kota Layak Anak (KLA). Prestasi ini mendapat apresiasi dari Anggota DPRD Kota Samarinda, Deni Hakim Anwar.

Dia menilai, prestasi ini menjadi salah satu kado terbaik ulang tahun Kota Samarinda ke-356 dan ulang tahun Pemkot Samarinda ke-64.

Deni Hakim menyebut, peringkat tersebut menjadi indikator bahwa upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kota Samarinda semakin membaik, terutama dengan adanya playground di setiap kecamatan dan kelurahan.

“Kemarin kita memang mendapatkan peringkat Nindya di Kota Layak Anak itu. Salah satu aspeknya adalah ketika Pemerintah Kota berhasil membuat playground di setiap kecamatan dan kelurahan. Ini menjadi indikator atau standarisasi untuk menempatkan Samarinda sebagai Kota Layak Anak,” ujarnya.

Deni Hakim meminta kepada Pemkot Samarinda dan OPD terkait untuk memberikan perhatian lebih terhadap kasus kekerasan anak yang masih saja terjadi di Kota Samarinda.

Pasalnya, kata dia, kasus kekerasan anak masih menjadi perhatian serius, sehingga harus digencarkan upaya edukasi dan perlindungan secara bertahap untuk meminimalisir terjadinya kekerasan pada anak.

“Kemarin banyak kasus-kasus kekerasan kepada anak. Tapi perlahan-lahan dilakukan edukasi dan proteksi. Artinya pencegahan itu penting supaya tidak terjadi kekerasan. Penting juga menggencarkan sosialisasi di lingkungan sekolah-sekolah,” ujarnya.

Deni Hakim mengingatkan, bahwa pemerintah daerah memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga predikat Kota Layak Anak. Untuk itu, peran aktif pemerintah dalam mencegah kekerasan anak dengan terus menggelar kegiatan edukasi dan sosialisasi di berbagai lapisan masyarakat diperlukan.

“Kita mengharapkan prestasi ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Seperti pemenuhan playground di setiap kecamatan dan kelurahan, serta pembentukan ruangan khusus untuk anak-anak di kantor pelayanan. Sehingga, Samarinda tidak hanya mendapatkan penghargaan, tetapi juga memberikan lingkungan yang aman dan nyaman untuk tumbuh kembangnya anak-anak,” tandasnya. (Adv/Koko/M Jay)

Share