MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Kota Samarinda, Joha Fajal mengapresiasi program Pro Bebaya yang diluncurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda.

Dirinya menilai, program Pro Bebaya banyak membawa dampak positif bagi masyarakat, khususnya masyarakat di tingkat bawah.

“Termasuk program Pro Bebaya yang dianggap bagus, kita apresiasi,” katanya.

Kendati demikian, Joha Fajal meminta adanya evaluasi dalam pelaksanaan program Pro Bebaya. Khususnya yang berkaitan dengan hal-hal teknis, kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai kebutuhan masyarakat di masing-masing tempat, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Hanya perlu kita evaluasi lagi terkait pelaksanaannya, teknis di lapangan yang difollow up. Tapi yang berkaitan dengan Pro Bebaya itu apa yang dirasakan masyarakat supaya mengena,” ujarnya.

Joha menyebut, salah satu contoh yang harus dievaluasi adalah terkait kegiatan peningkatan dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini menurut Joha sangat penting, karena dengan pemberdayaan masyarakat tersebut kualitas sumber daya manusia akan meningkat dan berkembang. Sehingga nantinya diharapkan dapat berdampak positif bagi perekonomian masyarakat itu sendiri.

“Pemberdayaan masyarakat itu yang perlu dievaluasi, karena tujuan dari Pro Bebaya ini kan untuk pemberdayaan. Apakah betul ada pemberdayaan atau tidak, jangan sampai Pro Bebaya hanya menguntungkan sekelompok orang, bukan untuk masyarakat sekitar,” tutupnya. (Adv/Koko/M Jay)

Don`t copy text!