MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Rasman, menjelaskan alasan diadakannya Seleksi Organisasi Kepemudaan (OK) Berprestasi Tahun 2023.

Rasman menegaskan bahwa kegiatan seleksi ini menjadi tonggak perdana yang diselenggarakan oleh Dispora Kaltim. Menurut Rasman, seleksi ini memiliki beberapa tujuan utama. Pertama, untuk mendorong agar organisasi kepemudaan memiliki pengelolaan yang baik, terorganisir, dan berkualitas.

Selain itu, pihaknya ingin mengajak pengurus OK untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam merumuskan program pengembangan pemuda yang tepat sasaran dan bermanfaat.

“Penting untuk mendorong organisasi kepemudaan memiliki pengelolaan organisasi yang baik, bagus dan terorganisir,” beber Rasman.

Rasman juga menyebutkan bahwa Dispora Kaltim ingin mengetahui jumlah OK di Kaltim yang memiliki legalitas formal dari pemerintah atau kepengurusan pusat. Hal ini penting untuk memetakan dan memberikan bantuan serta pendampingan yang lebih spesifik kepada OK yang memenuhi syarat.

Dalam penjelasannya, Rasman menekankan pentingnya bantuan yang diberikan kepada OK. Meskipun membantu dalam hal fasilitasi tempat dan kebutuhan pokok, pihaknya ingin mendorong kreativitas dan inovasi dari para pemuda. Hal ini sebagai upaya untuk membangun partisipasi aktif pemuda dalam pembangunan pemuda.

“Pemuda harus kreatif dan inovatif dong. Harus bertaruh dengan dalam memperjuangkan organisasi itu sendiri. Para pemuda kita beri rangsangan agar terlibat aktif. Bagaimana pemuda berpartisipasi dalam pembangunan pemuda,” tegas Rasman.

Dispora Kaltim telah membuka pendaftaran seleksi OK ini mulai 3 November hingga 20 November 2023. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui petunjuk teknis (juknis) yang tersedia di https://ppid.disporakaltim.info/peraturan-peraturan.html. (Lis/M. Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!