MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda Anhar meminta kepada Pemkot Samarinda agar tetap memperhatikan keberadaan PKL dan tetap mengakomodir keberadaan mereka melalui tempat-tempat jualan yang sudah ditentukan.

“Penertiban PKL bukanlah menggusur dan yang lainnya. Tapi bagaimana mengakomodir mereka dengan menjaga estetika lingkungan, estetika kota dan menjadi termasuk persoalan yang ada di sekitar situ hingga menjaga akses, seperti kemacetan dan sebagainya. Justru itu bisa meningkatkan dan menjadikan ladang ekonomi kita yang baru di ruang publik,” ujarnya baru-baru ini pada awak media.

Menurutnya, dengan menyiapkan tempat bagi PKL, maka penataan kota jadi lebih baik dan mengurangi munculnya berbagai persoalan. Karena kata dia, sebenarnya dengan adanya PKL, Pemkot Samarinda juga akan menerima kontribusinya, melalui retribusi dan sebagainya.

“Artinya ada ruang yang diberikan kepada masyarakat, karena justru mereka itu memberikan kontribusi yang besar kepada pemerintah kota. Misalnya, ada PAD dari distinasi kuliner sekaligus wisata kuliner. Ini juga bisa mengurangi tingkat inflasi dan menggerakkan perekonomian rakyat,” tandasnya. (Adv/Koko/M Jay)

Don`t copy text!