Bappeda Kukar Terima Masukan dan Saran Masyarakat Dalam Penyusunan RPJPD 2025-2045

MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kutai Kartanegara (Kukar) tahun 2025 – 2045, Pemkab Kukar akan meminta masukan dan saran dari masyarakat.

Masyarakat dapat memberikan masukan dan saran pada website yang telah disediakan oleh Pemkab Kukar yaitu www.ruangrunding.kukar.go.id.

Pemkab Kukar melalui Bappeda akan terus melakukan sosialisasi terkait website tersebut untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyusunan RPJPD Kukar tahun 2025 – 2045.

Plt. Kepala Bappeda Kukar, Sy Vanesa Vilna mengatakan, keterlibatan masyarakat dalam penyusunan RPJPD Kukar sangat penting kaitannya dengan rencana pembangunan jangka panjang Kukar. Masukan ini, kata dia, akan berpengaruh terhadap kinerja Pemkab Kukar selama 20 tahun ke depan.

“RPJPD ini visinya masyarakat Kukar, jadi Kukar selama 20 tahun kedepan mau dijadikan apa, sehingga diperlukan pendapat dari perwakilan masyarakat terhadap rencana pembangunan jangka panjang Kukar,” kata Vanesa Vilna, pada Senin (9/10/2023).

Ia mengungkapkan, selain masyarakat, platform tersebut juga melibatkan para akademisi. Diantaranya Universitas Kutai Kartanegara, Universitas Indonesia dan Universitas Tarumanegara.

“Untuk topik yang dibahas ialah sesuai dengan isu kondisi di Kukar, atau potensi, peluang strategis di Kukar,” jelasnya.

Dirinya berharap, semua pihak turut berpartisipasi dalam penyusunan RPJPD Kukar, masyarakat dapat mendaftar melalui platform tersebut menggunakan email.

“Saat ini tahapan RPJPD yakni sedang penyusunan rencana awal (ranwal). Ranwal ini akan kita selesaikan hingga awal Desember 2023, jadi nanti ada tahapan tahapan selanjutnya seperti Focus Group Discussion (FGD),” pungkasnya. (Aan/M.Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!