MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Sebagai bentuk tanggungjawab sosial pada masyarakat, Bank Indonesia membuat Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

Program ini terdiri dari tiga pilar utama, yaitu :
1. Mendukung peningkatan kapasitas ekonomi dan UMKM
2. Mendorong kepedulian sosial untuk mempercepat pemulihan dampak COVID-19
3. Mengembangkan sumber daya manusia (SDM) unggul, melalui beasiswa dan vokasi.

Dalam rangka pengembangan kapasitas SDM unggul di daerah, BI melalui program dedikasi untuk negeri, sejak tahun 2011 telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 25.000 mahasiswa yang beras dari 181 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

Dan sebagai perwujudan dari program tersebut, khususnya di bidang pendidikan di Kaltim, Kantor Perwakilan BI Kaltim telah menyerahkan beasiswa kepada 125 orang mahasiswa. Masing-masing 75 mahasiswa Unmul dan 50 mahasiswa UINSI. Penyerahan beasiswa sendiri dilaksanakan di Swissbell Hotel Balikpapan pada Kamis kemarin (7/7/2022).

Sebelum mendapatkan beasiswa, ratusan mahasiswa ini telah melalui tahap seleksi administrasi, tes tertulis kebanksentralan dan wawancara. Nantinya setelah menerima beasiswa, ratusan mahasiswa ini bergabung dalam Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI).

GenBI sendiri adalah sebuah komunitas di bidang sosial kemasyarakatan yang menjadi wadah bagi para penerima beasiswa Bank Indonesia.

“BI mendukung pengembangan GenBI untuk dapat mencapai tiga pilar, yaitu frontliner, change agent, GenBI. Diharapkan, dapat menjadi frontliner atau garda terdepan dalam mengkomunikasikan kebijakan BI kepada mahasiswa dan masyarakat,” ujar Kepala BI Perwakilan Kaltim Ricky P Gozali.

Terpisah, Rektor Unmul Prof Masjaya juga menyampaikan harapan kepada GenBI, untuk dapat menjadi pemimpin di masa mendatang dengan memanfaatkan kesempatan sebagai penerima beasiswa dari Bank Indonesia.

Selain kegiatan penyerahan beasiswa, acara juga dirangkai dengan edukasi dan musyawarah bersama serta pelantikan pengurus GenBI periode 2022-2023.

Penulis : Koko
Editor : Oen

Don`t copy text!