MEDIABORNEO.NET, LABUAN BAJO – Hari belum beranjak pagi, matahari pun belum menampakkan wujudnya, namun rombongan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur bersama dengan wartawan dari berbagai media sudah bersiap untuk melakukan explore ke tiga objek wisata yang ada di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Senin (12/12/2022).

Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur Ricky P Gozali, disamping Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur Hendik Sunaryanto.

Waktu menunjukkan pukul 04.00 Wita, kapal Phinisi yang mengangkut rombongan sudah mulai bergerak dari dermaga kecil Hotel Meruorah. Tujuan pertama adalah ke Pulau Padar, perjalanan ditempuh selama kurang lebih 3,5 jam.

Setibanya di sekitar Pulau Padar, rombongan tak bisa langsung turun ke dermaga. Namun secara berangsur, mereka harus menaiki perahu yang lebih kecil untuk bisa sampai di dermaga Pulau Padar, perjalanan sekitar 5 menit.

Di pulau tersebut, rombongan menaiki anak tangga yang berjumlah sekitar 800 anak tangga untuk sampai di atas puncak gunung. Rasa lelah terbayar dengan keindahan alam yang bisa disaksikan dari atas puncak gunung. Di pulau ini juga ada beberapa penduduk lokal yang menjajakan cinderamata khas lokal dengan harga terjangkau.

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan menuju Pulau Komodo dengan kapal Phinisi, dengan durasi tempuh sekitar 2,5 jam.

Di pulau ini, kapal phinisi yang mengangkut rombongan Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Timur dan wartawan bisa langsung bertambat di dermaga Pulau Komodo untuk menuju ke Taman Nasional Komodo (TNK).

Kehadiran rombongan langsung disambut oleh salam sapa ramah pemandu wisata dan pedagang cinderamata. Bahkan banyak dari anak-anak lokal ikut membantu orangtuanya untuk menawarkan cinderamata kepada setiap wisatawan yang datang.

Tujuan selanjutnya, rombongan menuju Pink Beace, dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam. Di pulau tersebut memiliki keunikan airnya yang berwarna pink.

“Kami sangat mengapresiasi Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Timur yang telah memberikan edukasi, pengenalan dan pengalian potensi pariwisata yang ada di sini, yang mana ini sebenarnya sangat bagus sekali jika bisa dikembangkan Kaltim. Apalagi Kaltim juga memiliki banyak potensi pariwisata yang tidak kalah lebih indah dengan pariwisata di provinsi lain, ” kata Ony Resita, salah satu wartawan peserta kegiatan Capacity Building Wartawan tahun 2022 bersama Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Timur.

Penulis : Oen
Editor : M Jay

Don`t copy text!