MEDIABORNEO.NET, LABUAN BAJO – Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati wisatawan nasional maupun mancanegara. Karena di pulau tersebut banyak dihuni oleh binatang Komodo yang masuk dalam jenis hewan langka yang dilindungi, sehingga pulau tersebut ditetapkan sebagai Taman Nasional Komodo (TNK).

Tak hanya itu saja, Pulau Komodo juga menyimpan berbagai macam keindahan yang luar biasa. Sehingga tak heran jika kunjungan wisatawan terus meningkat setiap tahunnya.

Perjalanan menuju TNK di Pulau Komodo sendiri jika dari Labuan Bajo harus ditempuh dengan menggunakan kapal, dengan waktu sekitar 2 jam. Namun demikian, jauhnya perjalanan tidak akan terasa, lantaran pemandangan di sepanjang perjalanan menuju ke pulau tersebut sangat indah. Banyak pulau-pulau kecil, air laut bening berwarna hijau kebiru-biruan dan bukit-bukit kecil menjulang.

Untuk menggali banyak potensi pariwisata yang ada di Kaltim agar dapat berkembang seperti pariwisata di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur mengajak sejumlah wartawan dari berbagai media mengunjungi objek pariwisata tersebut dalam rangkaian kegiatan Capacity Building Wartawan tahun 2022, Senin (12/12/2022).

Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur Ricky P Gozali, didampingi Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur Hendik Sudaryanto.

Setibanya di Pulau Komodo, rombongan diterima langsung oleh pemandu wisata lokal TNK dan diberikan arahan-arahan sebelum melihat dari dekat Komodo yang ada di pulau tersebut.

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur Ricky P Gozali menyampaikan apresiasinya atas penggarapan maksimal atas potensi pariwisata Pulau Komodo, khususnya di TNK.

Menurutnya, Pulau Komodo banyak menyimpan kekayaan pesona wisata yang luar biasa yang pengembangannya didukung oleh pemerintah daerah dan stakeholder terkait, termasuk Bank Indonesia.

“Potensi pariwisata seperti ini sangat bagus untuk dikembangkan di Kalimantan Timur, karena Kalimantan Timur memiliki banyak potensi yang tidak kalah bagus. Sehingga diperlukan adanya sinergi pemerintah daerah,” ucapnya.

Kunjungan ke TNK, Pulau Komodo juga terasa tak lengkap sebelum membeli cinderamata khas Pulau Komodo. Wisatawan pun semakin dibuat mudah untuk mendapatkan cinderamata tersebut, karena di sana disediakan stan khusus bagi UMKM lokal untuk menjual pernak pernik khas Pulau Komodo. Menariknya, harga yang ditawarkan pun masih sangat terjangkau.

Penulis : Oen
Editor : M Jay

Don`t copy text!