MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, HM Agus Hari Kesuma (AHK) mengatakan, bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga (Cabor) unggulan di Indonesia. Dia menilai Cabor ini konsisten memberikan medali bagi negeri ini di setiap event internasional.

Pemprov Kaltim, lanjut dia, memiliki perhatian besar untuk kemajuan bulutangkis dengan memberikan dukungan, pembinaan, pelatihan, hingga pencarian bibit unggul muda melalui sejumlah kejuaraan, salah satunya adalah kejuaraan Kejuaraan Bulutangkis Pelajar Piala Gubernur Kaltim 2023 yang berlangsung pada tanggal 27 September hingga 1 Oktober 2023 untuk kategori pelajar.

Dikatakannya, untuk mencetak prestasi memerlukan waktu panjang, penuh perjuangan berliku. Semua prestasi tidak mungkin diperoleh secara instan dengan hasil yang bisa langsung dirasakan dan dilihat publik, namum semuanya harus ditempuh penuh perjuangan pantang menyerah.

“Kejuaraan Bulutangkis Pelajar Piala Gubernur Kaltim yang telah digelar beberapa waktu lalu, bertujuan untuk mencari bibit unggul dari kalangan pelajar dan mengukur kemampuan atlet,” kata Agus Hari Kusuma melalui Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Masturi Akbar Tapipullah.

Tujuan lain dari kejuaraan tersebut adalah untuk menumbuhkan semangat persahabatan dan mempererat persaudaraan di antara sesama atlet dan pelatih, kemudian untuk memotivasi atlet dalam membentuk karakter mental tanding yang optimal, sehingga mental tetap kuat di berbagai kelas pertandingan.

Kejuaraan bulutangkis pelajar tersebut diikuti oleh 230 peserta dari berbagai sekolah dan klub bulutangkis yang tersebar di kabupaten/kota di Kaltim.

Sementara untuk nomor tanding yang digelar adalah Nomor Tunggal Anak-Anak Putra Putri, Ganda Anak-Anak Putra Putri dengan tahun lahir 2011, lantas Nomor Tunggal Pemula Putra Putri, Ganda Pemula Putra Putri, dan Ganda Pemula Campuran dengan tahun kelahiran 2009 dan 2010.

Setiap pemenang dari kejuaraan ini selain mendapatkan medali dan penghargaan lain dari Pemprov Kaltim,juga akan diikutkan dalam Kejuaraan Bulutangkis Piala Presiden, kemudian akan diikutkan dalam penyelenggaraan Pekan Olahrga Provinsi (Porprov) dan Pra-Pekan Olahraga Nasional (Popnas). (Gfr/M. Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!