MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Untuk pertama kalinya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim akan menggelar Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim 2023.

“Kejuaraan Sepak Bola Piala Gubernur Kaltim khusus untuk wanita kali ini merupakan gelaran yang pertama,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim M Agus Hari Kesuma di Samarinda, Rabu (8/11).

Agus mengatakan, sebenarnya selama ini memang sudah sering dihelat piala gubernur, tapi bukan khusus untuk wanita, sehingga piala Gubernur tahun ini merupakan yang pertama bagi Pemprov Kaltim.

Didampingi Masturi Akbar Tapipullah selaku Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim, ia melanjutkan kejuaraan ini merupakan ajang memotivasi pesepakbola wanita untuk terus meningkatkan prestasi.

Piala Gubernur Kaltim Sepak Bola Wanita tersebut akan digelar selama tujuh hari, yakni pada tanggal 15 hingga 21 November 2023, sehingga saat ini persiapannya sudah sangat matang.

“Piala Gubernur Kaltim 2023 ini untuk menyambut kepindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) ke Provinsi Kaltim yang dimulai pada 2024. Kita harus siap di berbagai cabang olahraga ketika IKN sudah pindah,” ujarnya.

Menurut dia, karena wilayah IKN ada tengah-tengah Provinsi Kaltim, sehingga Kaltim harus mencetak prestasi lebih baik ketimbang sebelumnya.

“Sebagai wilayah yang menjadi lokasi ibu kota negara baru, maka semua bidang harus diupayakan memiliki daya saing, termasuk bidang olahraga, ” terang dia lagi.

Melalui cabang olahraga sepak bola wanita diharapkan bisa meningkatkan daya saing para atlet melalui pembinaan dan kejuaraan, karena kejuaraan ini juga merupakan bagian dari pembinaan yang dilakukan Pemprov Kaltim.

Ia menyatakan di Kaltim banyak klub sepak bola wanita yang tersebar di kabupaten/kota seperti di Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kutai Kartanegara, Berau, Kutai Timur, dan Kabupaten Paser, sehingga para klub ini didorong untuk ikut.

“Piala Gubernur Kaltim 2023 ini juga sebagai persiapan Kaltim menghadapi PON XXI yang akan digelar di Aceh pada 8-20 September 2024, karena sepak bola wanita Kaltim telah lolos di Pra-PON,” pungkasnya. (Gfr/M. Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!