MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Kota Samarinda H Deni Hakim Anwar, SH melaksanakan penyebarluasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga Kota Samarinda, di RM Targhibul Ikhwan, Selasa (6/6/2023).

Penyebarluasan Ranperda ini menghadirkan narasumber Dr Diah Rahayu Msi, yang merupakan Dosen dan Psikolog Universitas Mulawarman. Selain itu dihadiri Lurah Sidodamai M Taufik, Lurah Selili Deddy Irawan, tokoh agama, tokoh pemuda, organisasi kewanitaan dan tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Samarinda Ilir.

Deni Hakim Anwar mengatakan, Ranperda Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga ini adalah inisiasi DPRD Kota Samarinda.

“Kegiatan penyebarluasan Ranperda ini adalah tugas kedewaan yang dilaksanakan di luar kantor dewan. Kami di Komisi IV bersama mitra kerja kami di Kesehatan dan Pendidikan membuat Ranperda pembangunan ketahanan keluarga ini agar masyarakat Samarinda menjadi masyarakat yang kuat dimulai dari keluarga masing-masing,” ucapnya.

Dikatakannya, selama ini banyak kekerasan yang terjadi di Kota Samarinda, khususnya pada anak dan perempuan setiap tahunnya. Kata dia, setiap tahun jumlahnya terus meningkat, bahkan kata dia, di Kota Samarinda belakangan ini ada 3 hingga 4 kasus kekerasan yang terjadi. Sehingga, kami menyusun Perda ini bisa jadi payung hukum sebagai pedoman kita, ” katanya.

Ketahanan keluarga, lanjut Politisi dari Partai Gerindra ini, hendaknya dimulai dari keluarga terkecil agar membentengi keluarga dari hal-hal negatif.

“Semoga dengan kegiatan ini bisa menambah pengetahuan dan pemahaman kita bersam, bahwa ketahanan keluarga dimulai dari keluarga kecil kita, ” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Sidodamai M Taufik menyampaikan apresiasinya atas kegiatan penyebarluasan Ranperda Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga.

“Materi ini berkaitan dengan wilayah kami semua yang dimulai dari ketahanan keluarga. Karena menciptakan keluarga harmonis itu tidak ada sekolahnya, yang ada hanya teori, kita banyak belajar dari pengalaman orang lain. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membawa keberkahan dan bermanfaat bagi kita semua, ” katanya.

Yanti, warga Kelurahan Sungai Kapih mengatakan, kegiatan tersebut bisa menambah ilmu dan wawasan mengenai pentingnya ketahanan keluarga.

“Banyak informasi yang kita dapat, supaya bisa mendapatkan betul-betul keluarga yang kuat, keluarga yang bisa menahan bagaimana jika ada masalah. Sangat baik sekali kegiatan seperti ini, supaya lebih sering dilaksanakan, ” ujarnya.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!