MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim memberikan perhatian dan dukungan penuh
kepada Raimuna Daerah Kaltim, yang melaksanakan kegiatan perkemahan di Bumi Perkemahan Pramuka Bebaya, Kecamatan Palaran, Samarinda.

Kepala Dispora Kaltim melalui Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading mengatakan, diantara tujuan dilaksanakan kegiatan perkemahan ini adalah untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha para pramuka dan menjadi mereka sebagai pemuda mandiri.

“Selain memiliki keterampilan di bidang tertentu, pemuda juga harus berani mengembangkan diri untuk menjadi wirausahawan. Apapun usaha yang diinginkan, maka jalankan,” ujarnya.

Rasman mengajak kaum muda tidak takut merugi ketika ingin membuka usaha, karena ketakutan itu adalah belenggu untuk berkembang dan maju, sehingga ketika ada niat untuk berwirausaha, maka harus segera dijalankan.

Pelaksanaan Raimuna Daerah Kaltim ini dilaksanakan selama enam hari sejak tanggal 20 hingga 25 November 2023, diikuti sebanyak 500 orang yang terdiri dari Pramuka Penegak dan Pendega.

Peserta yang mengikuti materi Ekonomi kreatif ini sebanyak 100 orang, merupakan gabungan penegak dan pendega dari perwakilan utusan delapan kabupaten maupun kota se-Kaltim.

“Pramuka Penegak dan Pendega harus menjadi kader yang memiliki militansi dalam memperjuangkan kehidupan melalui ekonomi kreatif, hal ini tentu harus memiliki jiwa leadership, kepeloporan dan kewirausahaan,” ujarnya.

Dikatakan, Pemerintah Provinsi Kaltim menaruh banyak harapan kepada semua peserta Raimuna Daerah, sehingga ke depan harus mampu mengubah pola pikir agar lebih mandiri dalam memperjuangkan kehidupan, yakni dengan membuka wirausaha sesuai dengan minat keterampilan yang dimiliki.

Setelah menyampaikan materi, Rasman bersama panitia kemudian mengunjungi lokasi perkemahan dari masing-masing kabupaten/kota, universitas, perwakilan masing-masing kecamatan di Kota Samarinda, dan perkemahan dari sejumlah sekolah di Samarinda.

“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada semua peserta Raimuna Daerah Kaltim 2023 ini, karena mereka semua semangat luar biasa walaupun perlengkapan seadanya. Ini merupakan gambaran ambisi positif menyongsong masa depan,” tutupnya. (Oen/M.jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!