MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim menggelar Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa, dan Komitmen Bersama Forum Kolaborasi Pengawasan Desa Tingkat Regional Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023, di ruang Odah Etam, Komplek Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (24/10/2023).

Turut hadir pada kegiatan workshop mewakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Kasubag Keuangan Dispora Kaltim, Fitrah Hitayah.

Kegiatan workshop ini dilaksanakan selama satu hari dan mengangkat tema “Pengelolaan Keuangan Desa yang Akuntanbel Dalam Rangka Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi Desa yang Berkelanjutan”. Workshop dilaksanakan secara hybrid.

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim, Sri Wahyuni.

Dalam sambutannya, Sekdaprov Sri Wahyuni menyampaikan, bahwa workshop ini digelar dalam rangka untuk meningkatkan sinergi kolaborasi dalam pembinaan pemberdayaan pengawasan di desa, pengelolaan keuangan dengan bijak, serta pemanfaatan IT untuk kebijakan desa berbasis data.

“Workshop semacam ini bukan hal baru, mengingat dana desa telah menjadi perhatian pemerintah desa dalam waktu yang cukup lama,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya berharap, melalui kegiatan workshop, para peserta nantinya dapat mengimplementasikan hal-hal yang dipaparkan.

Sekdaprov Sri Wahyuni juga meminta agar pengelolaan dana desa harus sesuai dengan ketentuan, untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan.

“Melalui workshop ini, kami berharap agar implementasi dan pertanggungjawaban dana desa sesuai dengan ketentuan, sehingga risiko mal administrasi dan penyalahgunaan dapat diminimalkan. Saya berharap peserta dapat menyampaikan dengan jelas kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan dana desa,” pungkasnya. (Oen/M.jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!