MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Masyarakat perikanan memperoleh bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar).

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin kepada masyarakat di Kecamatan Muara Badak, tepat di sekitar Pelabuhan Toko 5, Minggu (22/10/2023).

Bantuan yang disalurkan meliputi, 13 perahu fiber untuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kapitan Muda, dan 2 juta bibit udang windu kepada kelompok pembudidaya Inti Karya Bersama dan Tanjung Bersinar.

Rendi Solihin mengatakan, bantuan tersebut merupakan lanjutan dari program bantuan untuk 25 ribu nelayan produktif pada Program Dedikasi Kukar Idaman.

“Ini juga untuk menciptakan kemandirian bagi masyarakat, terlebih memang potensi perikanan kita juga cukup besar, sayang jika kita tidak maksimalkan,” katanya.

“Program ini akan kita lanjutkan hingga 2024 nanti, masih banyak bantuan yang akan kita berikan, sekarang masih dipetakan kebutuhan yang diperlukan masyarakat. Ini merupakan pelaksanaan RPJMD Kukar Idaman,” lanjut Rendi Solihin.

Terpisah, Ketua Kelompok Nelayan Kapitan Muda, Mistan mengaku bersyukur atas perhatian Pemkab Kukar terhadap masyarakat perikanan.

Perhatian pemerintah menurutnya sangat berarti bagi para nelayan, terutama nelayan kecil.

“Bantuan perahu tentunya akan kita gunakan sebaik mungkin, untuk mencari ikan maupun aktivitas lainnya,” ucapnya.

Ia dan nelayan lainnya berhadap agar bantuan dari pemerintah tak berhenti pada bantuan perahu dan bibit udang saja, namun berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Mudah-mudahan tahun depan ada lagi bantuan,” pungkasnya. (Han/M. Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!