MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Membangun karakter para pemuda untuk menjadi generasi muda yang tangguh dan mandiri, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim terus berkomitmen untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan para pemuda Kaltim.

Hal itu disampaikan Kepala Dispora Kaltim melalui Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading pada kegiatan Seminar Character Building, yang dilaksanakan di Hotel Verona, Samarinda, pada Jumat (23/11/2023).

“Ada berbagai pola yang kami lakukan dalam membangun karakter pemuda, baik melalui seminar, pelatihan, dan kegiatan lain. Sedangkan yang kami lakukan pada Kamis kemarin adalah melalui seminar di Samarinda yang melibatkan mahasiswa,” katanya.

Menurut Rasman, kegiatan seminar ini adalah kali kedua dilaksanakan Dispora Kaltim. Dimana, sebelumnya kegiatan Seminar Character Building digelar di Kota Balikpapan. Selanjutnya, kegiatan seminar serupa juga dilaksanakan di Kota Samarinda.

Dikatakannya, sesuai tujuan dan sasarannya, kegiatan seminar ini turut melibatkan ratusan pelajar dan mahasiswa, yang ada di Kota Samarinda dan di Kota Balikpapan.

“Kegiatan kemarin merupakan yang kedua setelah di Kota Balikpapan pekan lalu. Untuk giat yang kemarin diikuti oleh 100 orang perwakilan dari perguruan tinggi di Kota Samarinda,” katanya.

Tema yang diangkat dalam Seminar ini adalah “Kenali Dirimu dan Kejar Suksesmu” ini diharapkan dapat memotivasi pada pemuda untuk lebih meningkatkan kemampuan dan memanfaatkan peluang yang ada untuk dapat mengembangkan potensi diri, sehingga dapat lebih mandiri.

Rasman menyebut, kegiatan Character Building ini digelar juga sebagai upaya pihaknya untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa, agar pemuda yang memiliki karakter pejuang tidak mudah pesimis, tidak mudah menyerah dan selalu berpikir positif.

Selanjutnya, memiliki attitude yang tinggi (sikap yang baik dan ramah). Bisa mengenali dirinya, baik terhadap kemampuan kepemimpinan, kepeloporan, kemampuan kewirausahaan agar dapat lebih sukses, sesuai dengan bidang yang digeluti.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber, yaitu M Iqbal Suwandie Y yang merupakan seorang penulis buku, pakar hukum dan manajemen organisasi public speaking. Selain itu, Nurdiansyah yang merupakan Ketua Yayasan Kaltim Cerdas Nusantara.

“Seminar ini digelar untuk mencetak karakter pemuda Kaltim lebih tangguh, tidak mudah putus asa ketika menghadapi masalah, sehingga diharapkan pemuda memiliki daya saing tinggi di berbagai macam sektor, ” harap Rasman.

Dikatakannya, banyak orang yang memiliki daya saing, namun karakter building maupun karakter atitude rendah, sehingga melalui giat ini pihaknya ingin membangun karakter pemuda, agar selain memilik daya saing juga memilik rasa tanggungjawab sebagai pemuda harapan bangsa.

“Melalui seminar ini kami tekankan para peserta memiliki karakter kuat agar tidak mudah terpengaruh dengan berbagai godaan. Untuk membuat pemuda kuat secara mental, maka perlu dibekali dengan pembangunan etika dan lainnya yang tujuannya untuk menguatkan mental,” imbuhnya. (Oen/M.Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!