MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Bahri mengatakan,

Dinas Pemuda dan Olahraga memiliki andil besar dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba, karena narkoba dapat merusak sendi-sendi kehidupan bangsa, sedangkan peran Dispora mencetak pemuda mandiri.

“Salah satu upaya yang kami lakukan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan kaum muda adalah dengan menggelar Seleksi Pemuda Anti Narkoba,” katanya, Jumat (24/11/2023).

Seleksi Pemuda Anti Narkoba, kata Bahri, masuk dalam salah satu dari empat kategori di Seleksi Pemuda Daerah Provinsi Kaltim yang pihaknya gelar saat ini.

Seleksi Pemuda Anti Narkoba, ditujukan sebagai upaya konkret dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pemuda, sehingga dapat membentuk generasi yang lebih sehat dan produktif.

Tiga kategori lainnya adalah Seleksi Pemuda Kesadaran Bela Negara, kategori Pemuda Karang Taruna, dan Seleksi Pemuda Anti Hoax melalui konten kreatif.

Dikatakannya, Seleksi Pemuda Kesadaran Bela Negara untuk menjaring pemuda yang mampu membangkitkan rasa cinta tanah air dan kesadaran akan tanggung jawab terhadap negara, sehingga pemuda dapat berkontribusi positif dalam pembangunan dan pertahanan negara.

Seleksi Pemuda Karang Taruna, kategori ini merupakan kategori perdana diadakan untuk meningkatkan eksistensi para pemuda karang teruna dan memberdayakan pemuda agar berperan aktif dalam kegiatan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat.

Sedangkan Seleksi Konten Kreator (Pemuda Anti Hoaks), untuk mendorong pemuda agar memiliki kemampuan literasi yang baik, sekaligus memberdayakan pemuda untuk menggunakan platform media sosial sebagai sarana positif dalam menyebarkan informasi yang benar dan bermanfaat.

Untuk proses pendaftaran atau perekrutan Pemuda Daerah Tingkat Provinsi Kaltim saat ini masih berjalan, sedangkan untuk seleksinya akan digelar pada 5 Desember 2023 dengan kuota peserta masing-masing 13 peserta pada setiap kategori.

Setiap peserta hanya boleh mendaftar pada salah satu kategori dari empat kategori yang ada, yakni mendaftar secara daring melalui tautan yang telah disiapkan seperti kategori Pemuda Anti Narkoba di https://forms.gle/8DjjMnhvZDCABDCD7.

Keempat kategori ini penting dimiliki para pemuda untuk mewujudkan generasi yang tangguh, sadar akan kepentingan negara, aktif dalam kegiatan sosial dan memiliki kesadaran terhadap penyebaran informasi yang benar,” pungkasnya. (Oen/M.Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!