MEDIABORNEO.NET, BERAU – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim akan segera menggelar berbagai lomba dalam rangka peningkatan literasi, yang akan dibuka untuk seluruh peserta kabupaten/kota di Kaltim.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Berau sendiri telah memastikan akan turut berpartisipasi dalam lomba tersebut. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan, Perpustakaan, dan Pembinaan Kegemaran Membaca (P3KM) Dispusip Berau Nurseha.

Dikatakannya, Dsipusip Berau sendiri telah melakukan berbagai persiapan-persiapan untuk dapat mengikuti lomba tingkat provinsi tersebut. Diantaranya dengan menyiapkan calon peserta lomba untuk setiap kategori yang diperlombakan.

Untuk diketahui, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim melalui Kabid P3KM, Taufik telah melakukan sosialisasi pelaksanaan kegiatan lomba yang akan digelar tahun ini. Namun untuk kegiatan lomba tahun ini sengaja dibuat lebih beda dengan tahun sebelumnya. Dimana, tahun ini setiap kabupaten/kota hanya diperbolehkan mengirimkan satu perwakilan dari tiap-tiap bidang lomba. Sedangkan, tahun sebelumnya tidak ada batasan untuk jumlah perwakilan yang diusung.

“Inshaallah tahun ini kita akan berpartisipasi mengikuti lomba itu. Kita juga sudah mendapatkan sosialisasi melalui Kabid P3KM dari Provinsi Kaltim terkait lomba yang akan dilaksanakan di tingkat provinsi,” ujarnya.

Nurseha menyebut, dari yang disampaikan oleh Kabid P3KM DPK Kaltim, untuk lomba tersebut akan dibagi dalam 8 kategori. Diantaranya, lomba bertutur siswa tingkat SD/MI kelas 4 dan 5, lomba penulisan resensi buku inspiratif bagi pelajar tingkat SMK/SMA/MA sederajat, lomba perpustakaan umum desa terbaik dan lomba perpustakaan tingkat SLTA, SMP hingga SD terbaik.

“Yang terbaru adalah lomba pembuatan konten TikTok terkait pemberdayaan kegemaran membaca dan lomba pemilihan penerima panji pembangunan di bidang perpustakaan dan P3KM. Terkait juknis dan teknis pelaksanaannya akan disampaikan oleh provinsi. Inshaallah dalam Minggu ini mereka akan menyampaikan ke kita,” pungkasnya. (Adv DPK Kaltim/Oen/M Jay)

Don`t copy text!