MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Gubernur Kaltim Isran Noor menyerahkan secara simbolis tiga box perangkat Buncu Baca Etam kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, di Desa Bukit Biru, Kukar, Senin (3/7/2023).

Kegiatan penyerahan perangkat Buncu Baca Etam tersebut masih dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja Gubernur Kaltim ke Kabupaten Kukar.

Didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim, HM Syafranuddin, Gubernur Isran Noor berharap melalui perangkat Buncu Baca Etam tersebut dapat meningkatkan literasi masyarakat yang ada di wilayah Kukar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim, HM Syafranuddin mengatakan, penyerahan perangkat Buncu Baca Etam teresebut adalah lanjutan penyerahan perangkat serupa, yang sebelumnya juga diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Berau.

Menurut dia, nantinya perangkat Buncu Baca Etam akan diletakkan di Pemkab Kukar, Rumah Sakit AM Parikesit dan fasilitas publik lainnya.

“Membaca tidak hanya dilakukan pada buku langsung. Tapi sekarang sudah mengikuti perkembangan jaman. Dimana masyarakat sudah mulai beralih ke digitalisasi. Sehingga dengan Buncu Baca Etam, maka masyarakat bisa dengan mudah mengakses melalui pindai atau scan kode QR,” katanya.

Dikatakan HM Syafranuddin, Buncu Baca Etam memiliki 600 koleksi judul buku. Dengan perangkat tersebut, bisa diakses walaupun tanpa menggunakan internet dengan jarak hingga 200 meter.

“Masyarakat bisa membaca dalam radius 200 meter,” katanya.

HM Syafranuddin menambahkan, pihaknya masih terus mendistribusikan perangkat Buncu Baca Etam ke kabupaten/ kota lain di Kaltim .

“Nanti daerah lain jug akan kita distribusikan. Kami pastikan semua daerah di Kaltim akan menerima perangkat ini,hingga daerah yang sulit akses,” tandasnya.(adv DPK Kaltim/M Jay)

Don`t copy text!