MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kesuksesan dan karir yang baik tak bisa langsung instan didapatkan, melainkan melalui proses usaha dan kerja keras. Hal itulah yang dialami Fidela.

Wanita kelahiran Jakarta, 4 Januari 2001 ini harus merasakan jatuh bangun sebelum sukses menjalankan usaha di bidang estetika kecantikan.

Sejak duduk di bangku sekolah SMP, Fidela sudah harus mencari nafkah, membantu orangtuanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan biaya sekolah. Menanjak di Kelas II SMP, bungsu dari tiga bersaudara ini sudah aktif di dunia modelling. Mengumpulkan honor setiap kali tampil untuk menghidupi keluarga.

Pekerjaannya di dunia modelling berlangsung hingga Fidela duduk di bangku SMA.

Setelah lulus, wanita cantik ini tak bisa langsung melanjutkan kuliah, karena tetap harus membantu orangtuanya mencari nafkah.

Tak lagi menjadi model, Fidela mencoba pekerjaan lain. Mulai dari menjual baju online, bekerja sebagai penjaga toko, bekerja di salon hingga menjadi asisten di sebuah klinik kecantikan di Jakarta.

“Karena menjadi tulang punggung keluarga, saya harus membiayai sekolah sendiri juga dan segala macam, makanya kerja apa saja akan saya kerjakan. Jual baju online, sampai pernah jaga toko lalu di klinik,” ucapnya saat ditemui di kediamannya.

Dua tahun bekerja sebagai asisten di klinik kecantikan, Fidela mulai merasakan bahwa bidang itu cocok untuknya. Dia semakin tertarik dan percaya diri untuk menjalankan usaha itu sendiri setelah mengantongi sertifikasi kemampuan di bidang estetika kecantikan.

Tahun 2019, Fidela akhirnya benar-benar mencoba peruntungannya melalui usaha sendiri yang diberi nama Fidela Beauty. Dia membuka usaha pertamanya di Jati Kramat.

“Selain hobi, saya juga memang suka bidang estetika kecantikan ini. Alhamdulillah sudah jalan 4 tahun ini,” katanya.

Kurang dari setahun usahanya jalan, pelanggannya sudah banyak. Bahkan costumer tidak hanya dari Jabotabek saja, tetapi hingga Surabaya, Bali hingga Medan.

“Alhamdulillah costumer sudah banyak. Karena banyak itu juga, akhirnya mereka yang memanggil untuk melakukan home care, perawatan di rumah ya. Untuk penanganan ini saya sendiri yang kerjakan, khususnya yang sifatnya tindakan, tapi untuk yang ringan biasa dibantu asisten,” ujar wanita 22 tahun ini.

Jenis perawatan estetika kecantikan yang ditawarkan Fidela, yaitu nail art, veneer, eyelash, sulam alis dan sulam bibir, hingga infus whitening.

“Untuk perawatan ini berbeda-beda, tergantung treatment yang dipilih costumer,” sebutnya.

*Melirik Peluang Usaha di Samarinda*

Setelah menikah pada tanggal 10 Juni 2023 kemarin, Fidela akhirnya diboyong sang suami ke Samarinda.

Melihat potensi dan peluang yang sangat bagus di Samarinda, Fidela semangat untuk membuka usaha keduanya di ibukota Provinsi Kaltim tersebut.

“Saya ke sini (Samarinda, red) karena ikut suami. Inginnya juga buka usaha di sini, insyaallah kita akan buka klinik atau home care di Samarinda. Tapi sementara perawatan yang diberikan masih terbatas, seperti nail art, sulam alis, sulam bibir dulu. Nanti kita bertahap, karena costumer saya juga banyak di Jabotabek dan beberapa daerah lain,” kata wanita yang juga mendapatkan predikat The Best Terapis di salah satu klinik kecantikan terkenal yang ada di Bekasi ini.

“Jangan malu untuk bekerja. Jadilah wanita mandiri, wanita yang bisa membeli barang apapun dari hasil kerja kerasnya sendiri. Wanita yang bisa menjalankan hidupnya sendiri, jangan pernah bergantung pada siapapun. Karena sekecil apapun usaha yang dijalani, tetap kamulah yang menjadi bosnya,” tutupnya.

Penulis : Oen
Editor : M Jay

Share
Don`t copy text!