MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Pekan Raya Pemuda pertama yang merupakan inisiatif dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan dorongan kepada para pemuda.

Menurut Kabid Pengembangan Pemuda, Rasman, acara ini merupakan langkah awal dalam mendorong pemuda untuk membuka pikirannya dan mengembangkan semangat berwirausaha.

Pekan Raya Pemuda ini menciptakan lingkungan yang mendorong pemuda untuk terus berpikir kreatif, menciptakan peluang, dan membuka usaha mereka sendiri.

Ini adalah salah satu cara untuk membantu pemuda membuka pikiran mereka terhadap berbagai peluang ekonomi yang ada di sekitarnya, yang pada gilirannya dapat memberikan manfaat baik bagi diri mereka sendiri maupun untuk pertumbuhan ekonomi daerah.

“Penting sekali untuk pemuda. Ini merupakan langkah awal dalam membangkitkan para pemuda untuk membuka mindsetnya dalam membuka usaha,” jelas Rasman kepada pewarta Mediaborneo.net, baru-baru ini.

Rasman mendorong pemuda untuk meraih peluang tanpa rasa takut, mengingatkan bahwa tidak perlu memulai dengan usaha besar, yang penting adalah memulai dari tahap yang lebih kecil.

Dengan tekad dan kerja keras, mereka dapat mengembangkan usaha mereka seiring berjalannya waktu. Semangat untuk mencoba dan berinovasi adalah kunci kesuksesan dalam dunia kewirausahaan.

“Yang penting memulai, usahanya tidak harus besar, harus dimulai dulu dari kecil terlebih dahulu,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia kemudian memberikan penggambaran bagi para pemuda melalui kisah Chairul Tanjung (CT), dimana pria yang kala itu berkuliah di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia (UI), pernah mencoba untuk memanfaatkan peluang dengan menawarkan jasa fotokopi.

“Dia pada awalnya hanya buka jasa fotokopi dan sekarang sudah ratusan ribu karyawannya,” tandas Rasman. (Lis/M. Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!