MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Rendahnya serapan anggaran di beberapa OPD di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, DPRD Kaltim menjadwalkan untuk menggelar rapat bersama Pemprov Kaltim.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi DPRD Kaltim Seno Aji. Menurutnya, pembahasan harus dilakukan segera mungkin, agar APBD 2023 dapat dimanfaatkan secara optimal.

Dikatakannya, DPRD memiliki tugas dan kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja OPD. Ia menyarankan agar ada rencana konkret untuk meningkatkan serapan anggaran sebelum akhir tahun.

“Kami sudah pernah bertemu dengan pak Pj dan ada beberapa OPD yang harus diperbaiki, seperti Dinas PUPR Pera Kaltim dan Disdikbud Kaltim,” katanya, belum lama ini.

Kata dia, salah satu faktor yang menyebabkan serapan anggaran tidak maksimal adalah pembayaran kepada pihak ketiga yang masih dalam proses. Ia mengusulkan agar OPD secepatnya menyelesaikan pembayaran tersebut.

“Kami mendapat informasi dari BPKAD Kaltim bahwa pembayaran kepada pihak ketiga belum rampung, jadi kami minta OPD segera menuntaskannya,” tandasnya. (Hk/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!