MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Saat ini DPRD Kota Samarinda tengah menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) mengenai ekonomi kreatif dan pembangunan UMKM. Sehingga, setelah disahkan nantinya, regulasi ini bisa memberikan manfaat positif bagi pelaku usaha.

Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda, Shania Rizky Amalia mengatakan, Ranperda ini merupakan inisiatif DPRD Samarinda, ditujukan untuk memudahkan para pelaku UMKM untuk meningkatkan usahanya.

“Ranperda ini bertujuan untuk memanfaatkan dan meningkatkan potensi ekonomi kreatif di Kota Samarinda,” katanya, Rabu (1/11/2023).

Dikatakannya, pemahaman mengenai ekonomi kreatif kepada pelaku UMKM sangat penting dilakukan. Mengingat UMKM menjadi salah satu sektor yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Bahkan UMKM ini menjadi sektor kuat yang mampu bertahan saat kondisi ekonomi sulit.

“Kami juga memberikan pemahaman tentang kegiatan ekonomi kreatif, karena ternyata banyak warga yang hanya memiliki pengetahuan terbatas terkait UMKM saja,” katanya.

Untuk itu, kepada masyarakat, dirinya meminta agar dapat memberikan dukungannya untuk lahirnya Perda Ekonomi Kreatif Kota Samarinda yang saat ini sedang digodok DPRD Samarinda.

“Kami juga perlu mendukung dan meningkatkan kemampuan warga di sini,” katanya.

Shania berharap, agar DPRD Kota Samarinda dapat segera mengesahkan Ranperda tentang Ekonomi Kreatif Kota Samarinda. Ia yakin bahwa regulasi ini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat Kota Samarinda.

“Harapannya, dengan adopsi Ranperda tentang Ekonomi Kreatif Kota Samarinda, kami dapat membantu meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat sehingga mereka dapat bersaing dengan sektor ekonomi kreatif lainnya,” imbuhnya. (Koko/M. Jay/Adv/DPRD Samarinda)

Don`t copy text!