MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Kaltim M Udin meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk lebih mengupayakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) lokal.

Pasalnya, kata dia, setelah Kaltim ditetapkan sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN), berbagai macam proyek pembangunan langsung dikerjakan. Ribuan tenaga kerja sengaja didatangkan dari luar Kaltim. Namun mirisnya, SDM lokal sendiri kurang diminati untuk dipekerjakan di IKN.

M Udin menyebut, hal ini terjadi karena kualitas dan skill yang dimiliki SDM Kaltim masih kurang. Sehingga Pemprov Kaltim diminta untuk sungguh-sungguh memberikan peningkatan kualitas dan skill pemuda Kaltim.

“Memang harus kita akui bahwa SDM kita agak kurang, kurang dengan skillnya. Memang banyak yang lulusan dari Universitas, tetapi tidak mempunyai skill,” ujarnya, Selasa (21/11/2023).

Dia mengingatkan, perlu adanya pemberdayaan terhadap SDM tenaga kerja lokal di Kaltim dengan program pelatihan dan pengasahan skill terhadap generasi muda yang ingin mendapatkan pengalaman pekerjaan.

“Ya berharapnya kita dengan adanya Pj Gubernur yang baru ini dapat membuat wadah untuk mengasah dan memberikan skill kepada anak-anak muda yang ingin bekerja, sehingga mereka juga siap bekerja dimanapun,” tutup. (Hk/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!