MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Berbagai ide dan inovasi untuk mengembangkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim terus digagas oleh HM Syafranuddin.

Baru beberapa bulan menjabat Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim HM Syafranuddin membuat program-program baru yang lebih menarik, termasuk upaya untuk meningkatkan layanan gemar membaca pada masyarakat Kaltim. Diantaranya program antar dan jemput buku hingga mendorong dibentuknya Perpustakaan di Kabupaten Mahakam Ulu.

Selain itu, wacana untuk mengalih fungsikan eks Hotel Atlet Samarinda menjadi pusat layanan Perpustakaan Daerah Kaltim terus digodok. Berbagai upaya dilakukan, mulai dari berkomunikasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim yang membawahi pengelolaan eks Hotel Atlet Samarinda, hingga pendekatan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim untuk mendapatkan izin penggunaan.

“Jika kami mendapatkan amanah bisa memanfaatkan eks Hotel Atlet, Insyaallah ke depan akan dibuat sebuah diorama Kaltim dengan menggunakan teknologi tinggi, ” ujarnya, Sabtu (01/10/2022).

Saat ini, kata HM Syafranuddin, dirinya sudah membuat wacana rancangan desain untuk mengubah eks Hotel Atlet Samarinda menjadi gedung Perpustakaan yang lengkap dan membuat diorama. Ini dilakukan untuk memberikan layanan yang menarik bagi masyarakat agar semakin gemar berkunjung ke Perpustakaan Daerah.

“Pengunjung bisa menikmati sekaligus menggali sejarah dan belajar akan sejarah Kaltim, dari jaman kerajaan hingga sekarang. Selain itu nanti juga ada film tambang, perkayuan dan sebagainya, ” bebernya.

Untuk mewujudkan wacana tersebut, kata HM Syafranuddin, pihaknya akan menggandeng banyak pihak, termasuk diantaranya Seniman Kaltim.

“Nanti Seniman Kaltim yang akan menghiasi diorama Dinas Perpustakaan, ” katanya.

Kaltim kata dia, adalah provinsi yang kaya akan sumber daya alam. Namun sayang sejarah itu tidak terdokumentasi dengan baik. (Adv02/Koko/Oen)

Don`t copy text!